Aneka Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Persik (Prunus persica) adalah tanaman berbuah yang tergolong famili Rosaceae. Tanaman persik diperkirakan berasal dari Cina, dan telah dikenal sejak dua ribu tahun sebelum Masehi. Pohon dan buah persik mulai dikenal di berbagai negara lain melalui jalur perdagangan. Para saudagar yang sampai di daratan Cina kemudian mengenalkan tumbuhan dan buah persik ke negara mereka masing-masing.

Buah persik memiliki daging berwarna kuning kemerahan, dengan aroma harum, dan terdapat satu biji yang keras. Dalam bahasa Jepang, buah ini disebut momo. Sedangkan bahasa Inggris menyebut buah ini dengan nama peach. Seperti buah-buahan lain, persik juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi, di antaranya vitamin A, vitamin C, potassium, zat besi, likopen, lutein, zaexanthin, betakaroten, serat, protein, dan lain-lain.

Selain dapat dinikmati sebagai buah segar, persik juga kerap dijadikan topping untuk puding, cake, frozen yoghurt, dan berbagai dessert lainnya. Terkait nutrisi, dalam 100 gram buah persik, terdapat kandungan berikut ini:
  1. Energi: 39 kkal
  2. Karbohidrat: 9,5 g
  3. Gula: 8,4 g
  4. Serat pangan: 1,5 g
  5. Lemak: 0,3 g
  6. Protein: 0,9 g
  7. Vitamin A: 2%
  8. Vitamin C: 11%
  9. Zat besi: 0.25 mg
  10. Kalium: 190 mg

Selain baik untuk menunjang kesehatan, persik juga baik dalam mendukung dan merawat kecantikan. Berikut ini uraian aneka manfaat buah persik.

Sumber antioksidan

Dengan kandungan vitamin C, vitamin E, dan betakaroten, persik memiliki aneka manfaat sekaligus, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, hingga mencegah kanker. Betakaroten dalam persik juga memiliki peran dalam mencegah masalah seperti flu, dan gangguan semacamnya.

Tidak hanya buahnya, bahkan kulitnya pun mengandung nutrisi. Pada kulit persik terdapat konsentrasi vitamin, mineral, dan antioksidan.

Sumber kalium

Zat kalium yang terdapat dalam buah persik membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Kalium juga membantu meningkatkan respons sistem saraf pusat, sehingga membantu sel-sel tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan secara tepat.

Sumber serat

Buah persik memiliki kandungan serat yang tinggi, yang menjadikan buah ini baik untuk melancarkan pencernaan, mencegah kanker kolon, sekaligus dapat mendukung diet untuk menurunkan berat badan.

Sumber mineral

Persik memiliki kandungan mineral yang penting, di antaranya zat besi dan potassium. Zat besi memiliki manfaat dalam melancarkan proses metabolisme tubuh. Sedangkan potassium dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, dan membantu kekuatan otot tubuh.

Rendah karbohidrat

Persik disebut sebagai salah satu teman terbaik bagi orang yang sedang diet, karena buah ini rendah karbohidrat, rendah kalori, namun memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Dalam satu buah persik hanya terdapat 60 kalori. Karenanya, ngemil persik lebih baik daripada ngemil keripik kentang.

Meregenerasi jaringan kulit

Kandungan nutrisi dalam buah persik dapat membantu proses regenerasi jaringan kulit, sehingga kulit akan lebih muda, lebih lembut dan kenyal, serta lebih cemerlang. Untuk hal itu, Anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari buah persik yang dicampur yoghurt.

Selain itu, persik dapat membantu mengurangi kerutan pada kulit, serta menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Selain banyak mengandung vitamin C, persik juga memiliki kandungan nutrisi yang baik dalam memperlambat proses penuaan.

Melawan infeksi

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, rutin mengonsumsi persik juga dapat membantu tubuh lebih mampu melawan infeksi kulit. Persik memiliki kandungan protein yang kaya, yang berperan dalam perbaikan jaringan kulit, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Membersihkan ginjal

Kandungan fosfor dalam buah persik dapat membantu menghilangkan racun dari dalam ginjal. Sementara kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam buah persik dapat membantu mengurangi risiko kanker di kelenjar dan jaringan organ tubuh lainnya.

Meningkatkan penglihatan

Tidak hanya vitamin A, berbagai senyawa penting dalam buah persik, seperti luetin dan zeaxanthin, juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan.

Mencegah gangguan perut

Kandungan serat dalam buah persik dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan, membersihkan usus besar, dan memungkinkan usus lebih mampu menyerap nutrisi yang diperlukan tubuh. Hasil akhirnya, gangguan perut pun akan menyingkir.

Menjaga kesehatan gigi

Selain mengandung mineral zat besi, buah persik juga memiliki kandungan fluoride alami. Jika zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah, flouride dalam persik membantu mencegah gigi berlubang.

Aneka manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, buah persik juga memiliki aneka manfaat lain, dan berikut ini di antaranya:

Satu buah persik mengandung 60 kalori yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain menyehatkan mata, betakaroten dalam buah persik juga membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Berbagai mineral dan air dalam buah persik dapat membantu melembapkan kulit, serta mendukung kesehatan kulit secara menyeluruh.

Buah persik mengandung zat fitokimia yang disebut fenol, yang bermanfaat dalam mengatasi diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskular.

Buah persik bagus dikonsumsi penderita asam urat, karena mengandung efek laksatif yang mampu meringankan penyakit.

Kandungan serat dan kalium di dalam persik mampu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

Kandungan mineral dalam buah persik dapat membantu menyehatkan kulit kepala, sekaligus mengatasi rambut rontok.

Mengonsumsi buah persik dapat membantu mengatasi stres, karena kandungan mineral di dalamnya memiliki efek menenangkan.

Selain dapat mengatasi masalah cacingan, buah persik juga mengandung selenium yang merupakan senyawa pencegah kanker.

Buah persik memiliki efek diuretik, yang membantu tubuh membersihkan ginjal dan kandung kemih.

Mengonsumsi buah persik dapat meredakan perasaan tidak nyaman yang timbul pada perut.

Mengonsumsi buah persik dapat membantu meringankan masalah reumatik. Karenanya, penderita reumatik bisa rutin mengonsumsi buah ini.

Jika buah persik direbus bersama madu, kemudian air rebusannya diminum, hasilnya dapat membantu menenangkan tubuh serta menghilangkan kelelahan.

Buah persik mengandung antimikroba sekaligus antioksidan, yang mampu menghambat pertumbuhan tumor.

Daun pohon persik yang direbus, lalu dikonsumsi bersama teh, dapat membantu mengatasi masalah bronkhitis akut dan masalah batuk.

Baca juga: Aneka Manfaat Petai untuk Kesehatan