Aneka Manfaat Buah Kelawi untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Kelawi untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Kelawi adalah buah mirip nangka namun memiliki rasa yang lebih berserat, memiliki biji, dan kulitnya berduri lebih menonjol dibandingkan nangka. Kelawi juga sering disebut keluwih atau kluwih, khususnya di Jawa. Pohon kelawi dapat tumbuh hingga 10-25 meter, dengan batang tegak, memiliki permukaan kasar berwarna cokelat, dan bergetah.

Saat ini, kelawi bisa dibilang tidak terlalu populer, meski dulu pernah menjadi salah satu buah populer yang disukai banyak orang. Kelawi juga memiliki kandungan antioksidan yang baik dalam menjaga kesehatan, serta menunjang kecantikan kulit. Lebih dari itu, nutrisi yang dikandung kelawi bisa dibilang sangat lengkap. Dalam 100 gram buah kelawi muda, terkandung aneka nutrisi berikut ini:
  1. Kalori: 111 kkal
  2. Protein: 1,5 g
  3. Lemak: 0,3 g
  4. Karbohidrat: 27,2 g
  5. Kalsium: 28 mg
  6. Zat besi: 32 mg
  7. Fosfor: 0,9 mg
  8. Vitamin A: 20 SI
  9. Vitamin B: 0,10 mg
  10. Vitamin C: 19 mg

Tidak hanya buahnya, bahkan biji kelawi pun memiliki kandungan nutrisi yang sama lengkap. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram biji kelawi:
  1. Kalori: 247 kkal
  2. Kadar air: 67%
  3. Karbohidrat: 52 g
  4. Lemak: 5,9 g
  5. Protein: 9,8 g
  6. Serat: 2 g
  7. Abu: 2,3 g
  8. Vitamin A: 26 SI
  9. Niacin: 4,4 mg
  10. Asam pantotenik: 0,9 mg
  11. Vitamin C: 6,6 mg
  12. Riboflavin: 0,3 mg
  13. Thiamin: 0,48 mg
  14. Kalsium: 53 mg
  15. Tembaga: 0,75 mg
  16. Zat besi: 6,2 mg
  17. Magnesium: 100 mg
  18. Mangan: 0,45 mg
  19. Fosfor: 268 mg
  20. Potassium: 1.620 mg
  21. Sodium: 2 mg
  22. Zinc: 1,3 mg

Selain nutrisi yang disebut di atas, biji kelawi juga memiliki kandungan asam amino. Kemudian, bunga dan daun kelawi mengandung senyawa saponin, polifenol dan tanin, sedangkan kulit batangnya mengandung flavonoida. Melihat lengkapnya kandungan nutrisi yang dimiliki kelawi, buah ini pun memiliki peran dalam menunjang kesehatan, dan berikut ini di antaranya.

Mencegah penuaan dini

Kelawi memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik dalam menangkal dan mencegah radikal bebas penyebab penuaan dini. Antioksidan bekerja membebaskan sel-sel tubuh dari pengaruh radikal bebas. Dampak positif yang paling tampak adalah pada kesehatan dan kecantikan kulit yang lebih elastis dan lebih segar.

Mencegah kanker

Masih terkait dengan antioksidan dan radikal bebas. Salah satu dampak buruk yang disebabkan oleh radikal bebas adalah timbulnya kanker. Saat radikal bebas masuk ke dalam tubuh, ia merusak sel tubuh dan mengubahnya menjadi sel kanker yang bisa membahayakan.

Dengan rutin mengonsumsi buah kelawi, kita memberi asupan antioksidan pada tubuh yang memungkinkan tubuh untuk menangkal radikal bebas, sehingga menjauhkan tubuh dari kemungkinan terserang kanker.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Buah kelawi mengandung fosfor yang baik dalam membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, bunga kelawi juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi. Jika Anda menderita sakit gigi, Anda bisa memetik bunga jantan dari pohon kelawi, lalu bakar sampai menjadi arang. Setelah itu, oleskan arang pembakaran bunga kelawi tersebut pada bagian gigi yang sakit.

Sumber vitamin C

Sumber vitamin C tidak hanya jeruk, tetapi juga buah-buahan lain, termasuk kelawi. Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin C, dan vitamin itu bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah kelawi.

Salah satu fungsi penting vitamin C adalah membantu membangun sistem pertahanan tubuh, sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit. Vitamin C juga membantu mengatasi sariawan, atau masalah lain yang biasa muncul akibat tubuh kekurangan vitamin C.

Melancarkan pencernaan

Ini merupakan khasiat khas yang dimiliki banyak buah-buahan, yaitu kandungan serat yang membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan, termasuk kelawi, pencernaan akan lebih bersih, lebih lancar, sehingga masalah seperti sembelit tidak terjadi. Selain itu, serat juga membantu kesuksesan diet, serta menjauhkan tubuh dari kemungkinan terkena kanker kolon.

Manfaat biji kelawi

Di atas telah disebutkan, bahwa biji kelawi memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah dibandingkan buah kelawi. Biji kelawi di antaranya mengandung air, protein, lemak, serat, karbohidrat, pati, fenol, dan lain-lain. Karena kenyataan itu pula, biji kelawi kerap dimanfaatkan sebagai sumber pangan atau nonpangan. Salah satu pemanfaatan biji kelawi adalah sebagai bahan pembuatan tempe. Jika Anda juga tertarik ingin mencoba membuat, berikut ini caranya.

Siapkan biji kelawi secukupnya, dan kupas kulit bagian luarnya. Setelah dicuci bersih, rebuslah biji-biji tersebut selama beberapa menit. Usahakan jangan sampai terlalu lunak.

Setelah direbus, tiriskan, dan kupas kulit bagian dalam biji-biji tersebut. Lalu potong-potonglah sesuai selera, kemudian diberi ragi. Setelah itu, bungkus dalam kemasan daun pisang rapat-rapat, dengan ukuran/porsi 3-4 sendok makan tiap kemasan. Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah menyimpan kemasan tersebut selama satu setengah hari (sekitar 36 jam). Setelah 36 jam, tempe biji kelawi pun sudah siap diolah.

Baca juga: Mengenal Buah Kelubi dan Kandungan Manfaatnya