Aneka Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Meningkatkan produksi urin

Saat musim panas atau kemarau, tubuh kita sering mengalami dehidrasi, meski mungkin kita tidak terlalu menyadari. Kondisi itu disebabkan karena tubuh memproduksi keringat secara berlebihan, dan hal itu berdampak pada timbulnya masalah pada buang air kecil. Karena cairan tubuh banyak dikeluarkan melalui keringat, produksi urin pun menurun, sehingga kita jarang buang air kecil.

Mengonsumsi jus buah kundur dapat membantu menyeimbangkan tingkat air dalam tubuh, sekaligus membantu meningkatkan sekresi urin.

Sebagai anti-inflamasi

Inflamasi terjadi karena beberapa hal, di antaranya karena alergi udara atau alergi makanan. Kandungan anti-inflamsi dalam buah kundur dapat membantu meringankan keadaan tersebut.

Mengatasi insomnia

Insomnia bisa terjadi karena stres, ketegangan, atau alasan lain, yang intinya membuat seseorang sulit tidur atau bahkan tidak bisa tidur. Jika kondisi itu berlangsung sampai lama, akibatnya bisa menimbulkan masalah lain dalam bentuk masalah kesehatan. Mengonsumsi buah kundur dapat membantu mengatasi insomnia, asal dikonsumsi secara teratur.

Menyehatkan organ ginjal

Para peneliti dari Institute of Feed and Food, Jiangsu Academy of Agriculture Science, Cina, menemukan bahwa jus dan ekstrak buah kundur memiliki kemampuan dalam melancarkan buang air kecil. Hal itu secara tak langsung akan mengurangi persentase kerusakan ginjal, dan menurunkan kadar kreatinin secara signifikan.

Mengatasi radang usus dan lambung

Buah kundur memiliki kemampuan dalam mengatasi dan menyembuhkan peradangan pada usus yang diakibatkan panas dalam, serta radang lambung yang disebabkan oleh stres.

Mengatasi edema

Edema adalah pembengkakan yang terjadi pada kaki atau pergelangan kaki, yang disebabkan adanya penumpukan cairan secara abnormal dalam jaringan. Mengonsumsi buah kundur secara rutin dapat membantu mengatasi gejala tersebut.

Mengontrol kadar kolesterol

Buah kundur memiliki kandungan serat yang tinggi, namun rendah kalori. Serat yang berlimpah di dalam buah ini bermanfaat dalam membantu penyerapan lemak berlebih dan mengikatnya, sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh.

Membantu pengobatan beri-beri

Buah kundur memiliki kandungan kalium yang tinggi, namun rendah sodium. Hal itu bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah beri-beri, sehingga penderita beri-beri bisa rutin mengonsumsi buah ini.

Mengatasi disentri dan sakit perut

Disentri, juga sakit perut yang disebabkan panas dalam, bisa diatasi dengan ramuan tradisional yang dibuat dari buah kundur. Caranya, siapkan 1 buah kundur, 10 buah adas, 1 sendok teh madu, dan sedikit bubuk kayu pulosari. Semua bahan dikukus, atau diolah menjadi minuman. Minum 1 sendok makan airnya, dengan rutin selama 4 hari.

Mengatasi radang paru-paru

Untuk mengatasi radang paru-paru, yang dibutuhkan adalah biji buah kundur. Caranya, siapkan 4 gram biji kundur, 4 gram temulawak, 5 gram temuputih, 1 gram buah kemukus, dan 4 gram kunyit. Semua bahan disatukan, dan ditambah 10 ml air, lalu dibuat menjadi minuman. Minumlah 100 ml airnya, setiap hari selama dua minggu.

Meredakan batuk berdahak

Untuk meredakan batuk berdahak, tumbuk 15 gram biji kundur sampai lembut. Rebus bersama air, tambahkan gula aren, saring, kemudian minum airnya.

Sebagai penawar racun

Keracunan makanan dapat diatasi dengan memanfaatkan buah kundur. Caranya, siapkan 20 gram buah kundur, parut, dan peras untuk diambil airnya. Minumlah sarinya, untuk menyembuhkan keracunan makanan yang dialami.

Mengatasi wasir

Wasir atau ambeien dapat diatasi dengan biji kundur. Caranya, siapkan 3 gram biji kundur, 6 gram daun duduk, dan 8 gram daun wungu. Campur semua bahan dengan 100 ml air, kemudian dibuat minuman. Minumlah airnya secara rutin, selama 14 hari.

Catatan:

Meski memiliki banyak manfaat, namun kita juga perlu memperhatikan beberapa hal terkait buah kundur, karena bisa terjadi efek samping atau menimbulkan masalah jika dikonsumsi secara keliru:

Buah kundur yang masih muda mengandung kalsium oksalat, dan dapat menyebabkan iritasi pada mulut. Karena itu, jika Anda akan mengonsumsi buah kundur yang masih muda, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dulu dengan air garam dan kapur sirih, sebelum diolah menjadi makanan.

Buah kundur memiliki efek mendinginkan, dan hal itu dapat menambah rasa nyeri pada penderita reumatik.

Penderita batu ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi buah kundur, karena adanya kalsium oksalat di dalamnya.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya konsumsilah buah kundur dalam batas wajar, atau tidak berlebihan.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Bintaro yang Menakjubkan