Aneka Manfaat Buah Kawista untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Kawista untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Kawista (Limonia acidissima) adalah buah yang termasuk dalam jenis jeruk-jerukan. Ada beberapa sebutan lokal di Indonesia yang ditujukan untuk buah ini, di antaranya kasisto, kawis, ganista, kimco, buah batok, dan beberapa nama lain.

Di Indonesia, buah ini tergolong langka, karena memang sedikit orang yang membudidayakannya. Hal itu mungkin karena dilatarbelakangi lambatnya pohon kawista berbuah. Pengembangbiakan menggunakan biji membutuhkan waktu 2 tahun untuk dapat berbuah, sementara pengembangbiakan menggunakan cara stek membutuhkan waktu 15 tahun.

Kawista diperkirakan berasal dari India, yang lalu menyebar ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Rembang dan Karawang adalah daerah yang diketahui banyak membudidayakan pohon kawista. Selain dua daerah itu, pohon kawista juga dapat ditemukan di wilayah Nusa Tenggara Barat, khususnya di wilayah Bima, Bali, serta Aceh.

Buah kawista memiliki ukuran sebesar apel, dengan kulit yang tebal dan kuat seperti batok kelapa, dan bersisik seperti melon. Kulit buah kawista berwarna putih kekuningan ketika masih mentah atau muda, lalu berubah cokelat muda ketika matang.

Daging buah berwarna cokelat, dengan biji-biji berdiameter 5-6 mm. Saat masih muda, kawista memiliki rasa asam segar yang pekat, sehingga sering dijadikan rujak. Saat telah matang, kawista terasa manis dan nikmat serta mengandung sensasi kola.

Pohon kawista termasuk pohon yang tahan hama penyakit, dan dapat tumbuh dalam kondisi cuaca ekstrem, semisal kemarau berkepanjangan atau di wilayah tandus dan jarang air, juga di pesisir pantai hingga dataran dengan ketinggian 400-450 meter dari permukaan laut.

Sementara itu, buah kawista memiliki khasiat, di antaranya meningkatkan energi karena memiliki kandungan glukosa tinggi, mengatasi diare dan disentri, khususnya yang masih mentah.

Buah kawista memiliki manfaat bagi kesehatan, karena memiliki kandungan serat, vitamin, lemak, karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, asam nitrat, hingga air. Bijinya bahkan dapat dimakan, dan memiliki kandungan manfaat yang sama. Karena kenyataan itu pula, buah kawista pun sering dijadikan campuran bahan pembuatan jamu, selain juga dijadikan sirup. Selain sirup, kawista juga sering dijadikan dodol atau selai.

Berikut ini uraian manfaat buah kawista dalam menunjang kesehatan.

Mengatasi batuk

Mengonsumsi buah kawista yang telah matang dapat membantu mengatasi batuk. Kandungan kola di dalamnya dapat meredakan batuk secara alami. Jika Anda kesulitan mendapatkan buah kawista, Anda juga bisa mengonsumsi sirup kawista yang lebih mudah didapatkan di pasaran.

Meningkatkan energi

Buah kawista memiliki kandungan glukosa yang melimpah, sehingga menjadikannya mampu meningkatkan energi. Karena kenyataan itu pula, buah kawista kerap dijadikan bahan tonikum yang ditujukan untuk mengembalikan energi setelah olahraga atau bekerja keras.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam buah kawista dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Mengatasi diare dan disentri

Buah kawista yang masih muda memiliki rasa pekat, dan dipercaya dapat mengatasi masalah diare serta disentri.

Menurunkan demam

Masyarakat di Asia sudah lama menggunakan buah kawista untuk menurunkan demam. Mengonsumsi kawista saat demam dipercaya dapat membantu menurunkan demam.

Baca juga: Aneka Manfaat Kesehatan di Balik Buah-buahan