Bagaimana Sungai Terbentuk, dan Apa Manfaatnya?

Bagaimana Sungai Terbentuk, dan Apa Manfaatnya?

BIBLIOTIKA - Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang, yang mengalir terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Meski kita biasa melihat sungai berada di atas tanah (terbuka, terlihat dengan mudah), namun sebenarnya ada pula sungai yang terletak di bawah tanah.

Sungai semacam itu disebut underground river. Contoh sungai di bawah tanah misalnya sungai di Gua Hang Soon Dong di Vietnam, sungai bawah tanah di Yucatan, Meksiko, atau sungai bawah tanah di Gua Pindul, Filipina.

Sungai merupakan cara bagi air hujan untuk mengalir ke laut atau ke tampungan air yang besar seperti danau. Sungai terdiri dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Ujung sungai biasanya ditandai pertemuan dengan laut, yang disebut muara sungai.

Sungai termasuk salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air di sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan, embun, mata air, rembesan bawah tanah, dan—di beberapa negara tertentu—juga berasal dari lelehan es atau salju. Selain air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan.

Sungai memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk lain, termasuk untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, hingga menjadi objek wisata.

Untuk hal terakhir tentu dibutuhkan sungai yang juga memiliki keindahan, sehingga orang-orang tertarik mendatangi untuk dapat menyaksikan keindahan yang ada.

Baca juga: Bagaimana Limbah Industri Meracuni Air Sungai?