Sepertiga Bagian Bumi adalah Padang Gurun

Sepertiga Bagian Bumi adalah Padang Gurun

BIBLIOTIKA - Gurun atau padang gurun adalah istilah geografi untuk menyebut suatu tempat atau daerah yang memiliki curah hujan sedikit (tidak lebih dari 250 mm per tahun). Padang gurun sering pula disebut padang pasir. Ada sepertiga bagian bumi yang terdiri dari padang gurun atau padang pasir, sebagian besar terdapat di kawasan Amerika Utara, Afrika Utara, Asia Barat, dan benua Australia.

Karena curah hujan yang sedikit, gurun memiliki kemampuan yang kecil dalam mendukung kehidupan. Kondisi di sekitar padang gurun sangat gersang. Sinar matahari sangat terik, hingga terjadi penguapan air yang tinggi. Hal itu pun menyebabkan hanya tumbuhan duri yang dapat hidup dan beradaptasi di daerah gurun.

Tumbuhan yang mampu beradaptasi di gurun di antaranya adalah kaktus dan kutikula. Kaktus bisa hidup di daerah kering, karena dapat menyimpan banyak air dalam batang dan daunnya yang menyempit menjadi duri. Sedangkan kutikula adalah tumbuhan tebal yang memiliki akar sangat panjang.

Sedangkan hewan, yang mampu bertahan hidup di gurun adalah unta, karena dapat menyimpan air dalam tubuhnya. Tikus, ular, dan kalajengking, juga dapat hidup di gurun, meski mereka hanya aktif pada pagi atau malam hari. Pada waktu siang, ketika panas sangat menyengat, hewan-hewan itu bersembunyi di lubang-lubang yang mereka buat.

Selain sangat panas dan minim air, sehingga hewan dan tumbuhan jarang bisa bertahan hidup di sana, padang gurun juga memiliki cuaca yang ekstrem. Kelembapan udara di sana sangat rendah, dan terjadi perbedaan suhu yang sangat besar antara siang dan malam.

Pada siang hari, suhu dapat mencapai 45°C, dan bila malam dapat mencapai 0°C. Dengan kata lain, gurun mengalami panas luar biasa pada waktu siang, dan dingin luar biasa pada waktu malam.

Melalui penjelasan tersebut, kita pun mungkin segera membayangkan gurun sebagai tempat yang jauh dari kesan indah. Gurun, dalam bayangan banyak orang, memang tak jauh dari pasir kering, permukaan tandus, udara panas, dan hal-hal lain yang sama sekali tidak menyenangkan. Tapi bukan berarti tidak ada gurun yang indah. Meski memang banyak gurun yang tak menarik, tapi ada pula gurun-gurun yang memiliki pemandangan menakjubkan.

Baca juga: Kenai River, Tempat Terbaik dan Terindah untuk Memancing