Kenai River, Tempat Terbaik dan Terindah untuk Memancing

Kenai River, Tempat Terbaik dan Terindah untuk Memancing

BIBLIOTIKA - Kenai River atau Sungai Kenai memiliki panjang 132 kilometer, dan membelah Taman Nasional Kenai dari Danau Kenai menuju Lautan Pasifik. Penduduk setempat menyebutnya Sungai Kahtnu.

Sungai ini terbentuk dari lelehan salju di Pegunungan Kenai, dan menjadi rumah bagi beberapa jenis ikan salmon, di antaranya king salmon, red salmon, silver salmon, dan pink salmon. Karenanya, Sungai Kenai menjadi lokasi favorit bagi orang-orang yang senang memancing.

Pada 1985, seekor ikan king salmon seberat 44 kilogram pernah tertangkap di Sungai Kenai, dan tercatat sebagai ikan salmon terbesar yang pernah ditangkap manusia.

Selain menarik para pemancing, banyaknya ikan yang hidup di Sungai Kenai juga menarik minat beberapa jenis satwa untuk datang dan menetap di sekitarnya. Ada beberapa jenis burung pemakan ikan yang bersarang di sekitar sungai. Bahkan paus beluga (sejenis ikan lumba-lumba air tawar yang sudah sangat langka) dilaporkan pernah menampakkan diri di sekitar sungai ini).

Sungai Kenai memang memiliki banyak daya tarik. Selain ikan-ikan yang berlimpah dan hewan-hewan di sekitarnya, sungai ini juga memiliki pemandangan Pegunungan Kenai yang indah, sehingga orang-orang menjadikannya sebagai objek wisata. Yang juga perlu diketahui, di sekitar Sungai Kenai juga terdapat beruang madu yang berkeliaran bebas.

Baca juga: Bagaimana Sungai Terbentuk, dan Apa Manfaatnya?