Grüner See, Taman Indah di Bawah Air

Grüner See, Taman Indah di Bawah Air

BIBLIOTIKA - Di antara taman-taman lain di dunia, Grüner See di Austria adalah yang paling memukau dan menakjubkan. Dalam bahasa Austria, Grüner See memiliki arti “Danau Hijau”. Kenyataannya, tempat tersebut memang berupa danau, yang ada di Styria, dekat kota Tragöß (Tragoss), dan terletak di kaki pegunungan Hochschwab yang tertutup salju.

Pada waktu musim dingin, danau itu hanya sedalam 1-2 meter, dan daerah sekitarnya menjadi taman yang banyak dikunjungi para pejalan kaki. Jadi, pada waktu itu, Grüner See adalah sebuah taman yang berdekatan dengan sebuah danau. Layaknya taman, di sana terdapat aneka tanaman indah, lengkap dengan bangku-bangku taman, jembatan, dan jalan setapak.

Ketika suhu mulai meningkat pada musim semi, es dan salju di puncak gunung mulai mencair dan mengalir turun ke cekungan tanah di bawahnya. Pada waktu itu terjadi, danau yang ada di sana akan “membengkak” hingga menelan seluruh wilayah sekitarnya, termasuk taman.

Selama musim panas, saat air begitu penuh, kedalaman di danau itu mencapai 12 meter, dan menjadi tempat favorit bagi para penyelam. Di dasar danau itu terdapat pemandangan yang menakjubkan, yaitu taman yang semula ada di atas tanah, lengkap dengan bangku-bangku, jembatan, dan jalan setapak.

Memasuki bulan Juli, air danau mulai surut kembali. Pada saat musim dingin, danau itu kembali ke ukuran aslinya, taman di sekitarnya kembali muncul di atas tanah, dan kembali menjadi tempat favorit para pejalan kaki.