Bagaimana Mendefinisikan Pulau?

Bagaimana Mendefinisikan Pulau?

BIBLIOTIKA - Pulau adalah kawasan yang lebih kecil dibanding benua, dan lebih besar dibanding karang, serta dikelilingi air. Kumpulan beberapa pulau disebut kepulauan, atau archipelago dalam bahasa Inggris.

Konvensi PBB tentang Hukum Laut Internasional tahun 1982 (UNCLOS ‘82) pasal 121 mendefinisikan pulau (island) sebagai “daratan yang terbentuk secara alami dan dikelilingi air, dan selalu di atas permukaan air pada saat pasang naik tertinggi”.

Dengan kata lain, sebuah pulau tidak boleh tenggelam pada saat air pasang naik. Karena itu pula, sebuah pulau harus memenuhi empat syarat berikut: (1) memiliki lahan daratan; (2) terbentuk secara alami, bukan lahan reklamasi; (3) dikelilingi oleh air, baik air asin (laut) maupun tawar; dan (4) selalu berada di atas garis pasang tinggi.

Berdasarkan definisi di atas, maka lumpur atau karang yang terendam air saat pasang tinggi tidak bisa disebut pulau. Begitu pula lumpur atau paparan lumpur yang ditumbuhi mangrove tidak bisa disebut pulau jika terendam oleh air pasang tinggi, meskipun pohon-pohon bakaunya selalu muncul di atas muka air.

Indonesia termasuk negara kepulauan, karena memiliki banyak pulau, ada yang besar ada pula yang kecil. Di Indonesia, secara definisi, pulau kecil merupakan pulau yang mempunyai luas kurang atau sama dengan 10.000 kilometer persegi. Di antara banyak pulau di Indonesia, Bali termasuk pulau yang sangat dikenal di dunia, hingga banyak wisatawan asing yang datang ke Bali.

Popularitas Bali tentu karena keindahannya yang unik dan alami, bahkan dianggap sebagai salah satu pulau paling romantis di dunia.

Baca juga: Cherrapunjee, Jembatan Alami Terindah India