Cara Mudah Menjadi Blogger Terkenal

Cara Mudah Menjadi Blogger Terkenal

BIBLIOTIKA - Saat ini, masih banyak orang yang menulis di blog, dan menjadi blogger (sebutan untuk orang yang menulis di blog). Ada banyak motivasi menjadi blogger, salah satunya adalah karena ingin terkenal. Setelah terkenal menjadi blogger, biasanya jalan untuk karir atau kesuksesan akan terbuka. Yang jadi menjadi masalah, menjadi blogger terkenal bukan pekerjaan gampang.

Di dunia, setidaknya di Indonesia, ada banyak sekali orang yang menjadi blogger, dan mereka rutin menulis di blog dengan harapan dibaca banyak orang. Tapi meski sudah lama menjadi blogger, bisa dibilang tetap saja tidak terkenal. Berikut ini sedikit catatan mengenai hal tersebut, yang mungkin bisa dijadikan bahan renungan, khususnya bagi siapa pun yang ingin menjadi blogger terkenal.

Yang menjadikan banyak blogger sulit terkenal, karena mereka berusaha menjadi orang lain, dan bukan menjadi diri sendiri. Aslinya hidup susah, tapi menulis sok tak punya masalah. Aslinya menjalani kehidupan keluarga yang kacau, tapi menulis seolah keluarganya bahagia.

Mungkin tujuannya ingin membuat orang lain terkesan. Tapi karena ditulis dengan tidak jujur, efeknya akan berbeda, dan orang justru tidak terkesan. Percayalah, jangan berusaha membohongi pembaca, karena mereka akan tahu!

Itu sama saja dengan kerikil yang dipoles agar tampak seperti permata, tapi orang tetap tahu itu kerikil. Alih-alih tertarik, mereka justru mencibir. Di blog berbicara tentang indahnya perkawinan, tapi di kehidupan nyata menangis diam-diam. Di blog mengajak-ajak orang lain agar cepat menikah, tapi dalam hati menyesali pernikahannya. Konyol!

Jadi, jika ingin tulisan kita memiliki daya tarik—khususnya di blog—menulislah secara jujur, apa adanya, ekspresikan diri kita sebagaimana adanya kita. Jangan meniru orang lain, jangan berusaha menjadi orang lain, dan tidak usah berpikir membuat terkesan orang lain! Jadilah orisinal, apa adanya diri kita!

Di antara tujuh miliar manusia yang hidup di muka bumi, semuanya berbeda. Artinya, tidak ada satu pun yang sama seperti kita. Jika kita tampil apa adanya, kita akan terlihat beda, dan orang lain akan melihat.

Sebaliknya, jika kita berusaha meniru orang lain... lalu apa bedanya kita dengan orang lain? Orang hanya tertarik pada kita, jika kita berbeda. Artinya, kita harus menjadi diri sendiri, yang asli, yang orisinal, yang tak tergantikan.

Nah, kalau tulisan kita sudah bagus, dan kita bisa menjadi diri sendiri yang orisinal, lalu kita rajin menulis, orang-orang pun akan tertarik. Tanpa diminta, mereka akan datang dan membaca, dan datang lagi, dan membaca lagi.

Baca juga: Blogger Berpenghasilan Rp120 Juta Per Bulan