3 Syarat Penting Agar Blog Disukai Pengunjung

3 Syarat Penting Agar Blog Disukai Pengunjung

BIBLIOTIKA - Internet adalah ladang pengetahuan, gudang ilmu, tempat kita bisa menemukan banyak hal yang menambah wawasan, memperdalam pengetahuan, dan meluaskan cakrawala. Kita bisa membayangkan blog atau situs-situs di internet tak jauh beda dengan ladang atau gudang. Tempat pengetahuan tumbuh, tempat banyak ilmu tersimpan.

Namun, seperti ladang, ada ladang yang becek dan tidak enak didatangi, ada pula ladang subur dan indah, yang membuat kita sering kembali ke sana. Seperti gudang, ada gudang yang semrawut, kacau, sehingga tidak enak dilihat, ada pula gudang yang rapi, terawat, sehingga benar-benar bermanfaat. Di antara miliaran blog atau situs yang ada di internet, sebagian memiliki kondisi semacam itu—sebagian kita sukai, sebagian lagi tidak.

Dalam hal menyukai sebuah blog atau situs, kebanyakan orang memperhatikan tiga hal. Pertama, dan terutama, loading-nya ringan. Begitu mengetikkan alamat situs, lalu menekan Enter, seketika halaman situs terbuka. Internet menyuguhkan jutaan situs hebat, dengan isi luar biasa. Kenapa kita harus buang waktu untuk membuka situs yang berat loading-nya?

Kedua, isinya orisinal, atau unik, atau menambah wawasan, atau setidaknya memberi hiburan.

Ketiga, di-update secara rutin. Bisa dibilang, ini syarat umum yang memang diterapkan oleh blog atau situs-situs bagus. Artinya, semua situs bagus memiliki kebiasaan dalam meng-update isinya secara rutin. Sehingga pengunjung selalu mendapat suguhan baru, bisa terus menambah ilmu, bisa terus meluaskan wawasan dan pengetahuan.

Umumnya, tiga hal itulah yang menjadi daya tarik paling mendasar suatu blog atau situs, hingga orang-orang menyukai dan mau rutin mengunjungi.

Baca juga: Cara Mudah Menjadi Blogger Terkenal