Fakta-fakta Menarik Seputar Los Angeles

Fakta-fakta Menarik Seputar Los Angeles

BIBLIOTIKA - Los Angeles adalah kota yang ada di wilayah California, Amerika Serikat. Kota ini dihuni oleh sekitar 4 juta jiwa, dan merupakan kota dengan penduduk terbanyak kedua di Amerika Serikat, setelah New York. Los Angeles juga menjadi kota yang memiliki penduduk terbanyak di wilayah California Selatan. Sedangkan dalam skala dunia, Los Angeles menjadi kota dengan penduduk terbanyak ke-48.

Luas wilayah Los Angeles mencapai 1.301.970 kilometer persegi. Luas daratannya sebesar 1.213.850 kilometer persegi, sedangkan luas perairannya 88.119 kilometer persegi. Karena jumlah penduduknya yang sangat banyak, Los Angeles pun kini menjadi salah satu kota metropolitan terpadat di dunia. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Los Angeles:

Los Angeles dijuluki “City of Angels”, yang berarti “Kota Malaikat”. Julukan tersebut lebih didasarkan pada kenyataan Los Angeles sebagai pusat bisnis, perdagangan internasional, hiburan, budaya, media, mode, ilmu pengetahuan, olah raga, teknologi, pendidikan, dan pengaruhnya dalam bisnis internasional.

Los Angeles juga dijuluki “Entertainment Capital of the World” atau “ibu kota hiburan dunia”. Julukan itu didasarkan pada kenyataan bahwa Los Angeles menjadi pusat Hollywood, yang merupakan pembuat film terbesar di dunia, juga video game dan rekaman musik.

Setiap tahun, ada sekitar 10.000 gempa yang terjadi di Los Angeles, meski sebagian besar intensitasnya begitu kecil hingga kadang tak terasa. Seringnya gempa terjadi di sana, karena wilayah Los Angeles terletak di Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire), yang merupakan tempat terjadinya ketidakstabilan geologi. Gempa di Los Angeles diperkirakan berpusat di daerah San Andreas. Dugaan tersebut timbul karena San Andreas terletak di bagian perbatasan Lempeng Pasifik dan Lempeng Amerika Utara.

Di Los Angeles terdapat Gedung Bank Amerika Serikat (U.S. Bank Tower), yang merupakan gedung tertinggi di sana. Gedung itu dirancang oleh arsitek Henry N. Cobb. Tingginya 310 meter atau 1.018 kaki, dan memiliki 73 lantai. Gedung itu dibangun pada tahun 1989 dan masih berdiri hingga saat ini.

Selain menjadi gedung tertinggi di Los Angeles, U.S. Bank Tower juga menjadi bangunan tertinggi di California, bangunan tertinggi di Pantai Barat Amerika Serikat, bangunan tertinggi ke-47 di dunia, bangunan tertinggi ke-10 di Amerika Serikat, serta menjadi gedung tertinggi dengan helipad di bagian atap, dan dinobatkan sebagai bangunan tertinggi yang dibangun pada era 80-an.

Selain U.S. Bank Tower, Los Angeles juga membangun gedung tinggi lain, yaitu Wilshire Grand Tower, yang direncanakan akan menjadi gedung tertinggi sana. Gedung tersebut memiliki tinggi 381 meter atau 1.250 kaki, dan memiliki 75 lantai.

Los Angeles juga menjadi tempat tinggal orang-orang terkenal di dunia. Beberapa artis yang tinggal di sana di antaranya Katy Perry dan Selena Gomez, serta banyak aktor dan aktris film.

Keberadaan banyak orang terkenal di Los Angeles, karena kota itu menjadi basis Hollywood, WWE, dan lain-lain. Karena itu pula banyak artis, aktor, pegulat, dan lain-lain, yang sengaja tinggal di Los Angeles.

Menurut Departemen Kepolisian Los Angeles, kota ini menjadi rumah bagi 45.000 anggota geng, yang terbagi dalam 450 kelompok geng. Di antara mereka adalah Crips dan Blood, yang merupakan geng jalanan Afrika Amerika, yang berasal dari South Central Los Angeles.

Di sana juga ada geng jalanan Latino seperti SureƱos, geng jalanan Amerika seperti Meksiko, dan Mara Salvatrucha yang memiliki anggota terutama berasal dari Amerika Tengah. Kenyataan itu menjadikan Los Angeles juga dijuluki “Gang Capital of America” atau “ibu kota geng Amerika”.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Seputar London