Aneka Manfaat Buah Loquat untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Buah Loquat untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Loquat untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya lebih dulu.

Mengontrol tingkat kolesterol

Mengonsumsi buah loquat atau teh daun loquat disinyalir mampu menurunkan kadar kolesterol. Meski penelitian belum memberi ketegasan dalam hal ini, namun beberapa studi yang pernah dilakukan menemukan bahwa konsumsi buah atau teh loquat terkait dengan kadar kolesterol yang lebih rendah.

Menjaga kesehatan tulang

Seiring bertambah usia, salah satu masalah yang kerap muncul pada manusia adalah hilangnya kepadatan mineral tulang, khususnya pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

Mengonsumsi loquat terbukti dapat membantu mencegah hilangnya kepadatan tulang di berbagai bagian tubuh, karena buah loquat mengandung vitamin, nutrisi, dan senyawa-senyawa yang mendukung kesehatan tulang.

Melancarkan sirkulasi darah

Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan setiap orang untuk mencegah dan menghindari anemia. Buah loquat memiliki kandungan zat besi dalam kadar tinggi. Zat besi adalah komponen penting hemoglobin, yang berperan dalam mengangkut sel-sel darah merah beroksigen ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan sirkulasi.

Sirkulasi oksigen yang lancar dapat mempercepat penyembuhan, meningkatkan energi, dan memastikan semua sistem organ tubuh bekerja pada kapasitas optimal.

Menyehatkan usus

Buah loquat memiliki kandungan pektin atau serat makanan dalam jumlah tinggi. Serat pektin memiliki kemampuan dalam mengikat dan menghilangkan racun yang terdapat dalam tubuh. Hal itu sangat baik dalam mencegah pengendapan racun berlebih di dalam usus besar, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker pada usus besar.

Menjaga kesehatan kulit

Buah loquat memiliki kandungan vitamin A yang membantu meningkatkan kelembapan kulit, dan menjadikan kulit lebih sehat. Vitamin A dalam buah loquat juga memberi perlindungan antioksidan pada kulit, sehingga mencegah penuaan dini.

Menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin A dalam buah loquat dapat berperan sebagai antiksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas serta stres-oksidatif. Selain antioksidan, loquat juga memiliki kandungan flavonoid yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menjaga tekanan darah

Kandungan potassium dalam buah loquat berperan dalam menjaga tingkat natrium, sementara kalium dalam buah loquat membantu mempertahankan tingkat cairan atau keseimbangan elektrolit yang dapat menjaga tekanan darah. Tekanan darah yang stabil membantu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Selain itu, buah loquat juga mengandung mineral seperti mangan, magnesium, zat besi, tembaga, vitamin A, dan folat, yang sama-sama berperan dalam menjaga tekanan darah agar selalu stabil.

Mendukung diet

Loquat adalah buah yang rendah kalori, namun memiliki kandungan serat makanan. Diet kaya serat dapat menekan nafsu makan, dan meningkatkan metabolisme. Karena itu, buah loquat sangat baik dalam mendukung diet untuk menurunkan berat badan secara sehat.

Meningkatkan pembentukan sel darah merah

Buah loquat merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. Buah ini menyediakan zat mangan, magnesium, tembaga, zat besi, dan folat, yang semuanya dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, buah loquat juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kapasitas penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Menjaga kesehatan mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah loquat merupakan zat antioksidan yang dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Antioksidan tersebut menjaga dan melindungi mata dari radikal bebas, juga efektif dalam mencegah kerusakan retina yang disebabkan karena radikal bebas. Selain itu, vitamin A dalam buah loquat juga dapat melindungi mata dari katarak serta degenerasi makula.

Catatan:

Mengonsumsi apa pun bisa dibilang tidak baik dan tidak sehat, jika dilakukan secara berlebihan. Begitu pula dengan buah loquat. Meski memiliki banyak manfaat untuk menunjang kesehatan, namun buah loquat juga harus dikonsumsi dalam batas wajar, atau tidak berlebihan.

Terkait konsumsi loquat, ada sebagian yang melaporkan terjadinya toxic myopathy dengan berbagai keluhan, seperti kelemahan dan nyeri non-spesifik, akibat mengonsumsi ekstrak daun loquat dalam jumlah besar. Karena itu, sebaiknya konsumsilah buah atau daun (teh) loquat dalam batas wajar.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Mahoni untuk Kesehatan