Aneka Manfaat Buah Loquat untuk Kesehatan (1)

Aneka Manfaat Buah Loquat untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Loquat (Eriobotrya japonica) adalah buah asal Cina yang kini telah menyebar ke berbagai negara lain, meliputi Asia, Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan kawasan Mediterania. Mula-mula, loquat masuk ke Jepang sekitar seribu tahun yang lalu. Dari sana, tumbuhan loquat mulai tersebar ke negara-negara lain, dan hidup di daerah dataran tinggi. Sampai saat ini, Jepang menjadi produsen terbesar buah loquat.

Di Indonesia, buah loquat juga disebut buah biwa. Buah ini berbentuk seperti pir, dengan rasa yang unik, manis, dan memiliki aroma yang khas. Selain dapat dinikmati sebagai buah segar, loquat juga dijadikan bahan untuk membuat selai, atau olahan lain dalam bentuk kering.

Loquat, sebagaimana buah-buahan lain, memiliki kandungan vitamin dan mineral. Ada vitamin A dan C dalam buah ini, juga pektin, zat besi, kalium, serat, dan lain-lain.

Loquat memiliki manfaat dalam hal kesehatan, di antaranya mencegah diabetes, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan risiko kanker, melindungi kepadatan mineral tulang, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan penglihatan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menenangkan saluran pernapasan, meningkatkan sirkulasi, dan menurunkan tekanan darah.

Bahkan daun loquat juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Di Jepang, daun loquat dikeringkan dan diseduh menjadi teh. Minuman berbahan daun loquat itu populer di sana. Lebih lengkap, berikut ini aneka manfaat buah dan daun loquat dalam menunjang kesehatan.

Menurunkan tekanan darah

Buah loquat memiliki kandungan kalium yang berperan sebagai vasodilator dalam membantu kerja sistem kardiovaskular tubuh. Kalium bekerja mengurangi ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah akan turun, dan secara tak langsung melindungi kesehatan jantung. Kalium juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kinerja otak, karena meningkatkan aliran darah ke kapiler otak sehingga meningkatkan fungsi kognisi.

Mencegah diabetes

Daun loquat bisa dikeringkan untuk dibuat menjadi minuman seperti teh. Teh loquat diketahui mampu mencegah atau mengobati diabetes, sehingga teh loquat sering disarankan untuk orang yang menderita diabetes atau memiliki risiko tinggi terkena diabetes.

Mengonsumsi teh loquat secara teratur terbukti mampu menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Senyawa organik dalam teh loquat mampu mengatur insulin dan kadar glukosa, yang membantu melindungi tubuh dari diabetes. Bagi penderita diabetes, menghindari naik turunnya gula darah juga sangat penting, dan hal itu bisa dicapai dengan rutin mengonsumsi teh loquat.

Menurunkan risiko kanker

Di dalam buah dan daun loquat terkandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan mampu menetralisir radikal bebas dalam tubuh, yang dihasilkan sebagai produk sampingan alami dari metabolisme sel.

Radikal bebas menyebabkan sel-sel sehat bermutasi, yang mengarah ke penyakit kronis, termasuk kanker. Rutin mengonsumsi buah atau teh loquat diketahui mampu menurunkan risiko terjadinya kanker paru-paru dan kanker mulut.

Menenangkan sistem pernapasan

Dalam pengobatan pilek dan infeksi pernapasan lainnya, zat ekspektoran sangat penting. Teh loquat memiliki kemampuan sebagai ekspektoran, baik ketika diminum atau digunakan untuk berkumur, karena memicu keluarnya lendir dan dahak.

Lendir dan dahak merupakan tempat bakteri bertumbuh kembang. Karenanya, menghilangkan lendir dan dahak dari saluran pernapasan dapat membantu meningkatkan kondisi saluran pernapasan.

Meningkatkan sistem kekebalan

Buah loquat memiliki kandungan vitamin C yang merupakan komponen kunci dari sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu merangsang produksi sel darah putih, sekaligus benteng yang menjaga tubuh dari serangan patogen, juga bekerja sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit kronis.

Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk produksi kolagen, yang membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh, serta membantu membuat kulit tetap kencang.

Menjaga kesehatan pencernaan

Buah loquat mengandung pektin yang merupakan jenis serat makanan, yang memiliki peran dalam menjaga kesehatan pencernaan dan usus. Serat makanan merangsang gerak peristaltik, sehingga membantu buang air besar secara teratur.

Masalah pencernaan semacam sembelit, diare, kembung, atau gangguan perut lainnya, dapat diatasi dengan mengonsumsi buah semisal loquat yang memiliki serat makanan.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Loquat untuk Kesehatan (2)