Fakta-fakta Menarik Seputar London

Fakta-fakta Menarik Seputar London

BIBLIOTIKA - London telah menjadi pemukiman utama selama dua milenium, sejak didirikan oleh bangsa Romawi pada abad ke-1. Di masa lalu, kota ini bernama Londinium. Sekarang, kota yang berada di sepanjang Sungai Thames ini berubah nama menjadi London, dan menjadi ibu kota Inggris. Di masa modern, London kini menjadi wilayah metropolitan dan zona perkotaan terbesar di Uni Eropa berdasarkan luas wilayah.

Sebagai kota besar dan terkenal, juga memiliki pemandangan indah, London pun menjadi salah satu kota wisata terkenal dunia. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar London yang perlu kita tahu.

Kaya etnis dan bahasa

Sebagai kota terbesar di Eropa, London dihuni oleh lebih dari 7 juta orang. Dulu, pada zaman Romawi, populasi di kota itu terdiri dari beberapa etnis, meliputi bangsa Yahudi, Muslim, dan Belanda. Kini, London dihuni oleh sekitar 200 etnis yang berbeda, dan para penduduk yang menetap di sana menggunakan 300 bahasa yang berbeda.

Mengalami kebakaran besar

Mungkin terdengar ironis, tapi London kerap mengalami kebakaran. Setidaknya, kota ini pernah terbakar api 15 kali. Dari 15 kali peristiwa kebakaran, yang paling besar dan paling parah terjadi pada tahun 1666, yang dikenal sebagai The Great Fire of London.

Kebakaran besar di masa itu sampai menghanguskan bagian utama London selama empat hari. Setelah api kebakaran mulai padam, London bisa dibilang rata dengan tanah. Meski begitu, akibat kebakaran tersebut, pemerintah London bisa merancang jalan dan bangunan kota menjadi lebih baik. Untuk mengenang peristiwa kebakaran besar tersebut, kota itu pun membagun Monument of Pudding Lane, setinggi 202 kaki.

Kekayaan budaya 

London adalah kota besar yang layak dipuji, khususnya dalam hal kebudayaan. Selain modern, London memiliki kekayaan budaya yang melimpah, karena memiliki 300 museum, lebih dari 200 tempat pertunjukan, dan lebih dari 250 galeri di seluruh kota. Sekitar 51 persen masyarakat London mengunjungi setidaknya satu museum atau galeri setiap 12 bulan.

Kisah London Bridge

Di atas Sungai Thames di London, ada sebuah jembatan terkenal bernama London Bridge, atau Jembatan London. London Bridge yang kita kenal sekarang, sebenarnya adalah jembatan ketiga. Sebelumnya, telah ada dua jembatan lain di sana, yang sama-sama memiliki nama London Bridge.

London Bridge yang pertama dibangun pada 1209, dan di atasnya banyak terdapat rumah serta toko. Kemudian, pada 1831, London Bridge kedua dibangun, untuk menggantikan yang pertama. Pada tahun 1968, jembatan kedua itu dipindah ke tempat lain, lalu di sana dibangun jembatan ketiga pada 1973, yang sekarang kita kenal sebagai London Bridge.

Terowongan bawah tanah 

Sebagai kota tua, London memiliki lebih banyak waktu dan pengalaman untuk merancang dan membagun infrastruktur kota. Karenanya tidak mengherankan kalau London menjadi kota pertama di dunia yang memiliki kereta api bawah tanah. Kereta api yang melintasi terowongan itu disebut “Tube”.

Ketika Perang Dunia II pecah, terowongan bawah tanah itu menjadi tempat berlindung bagi ribuan penduduk setiap malam. Selama perang berlangsung, di sana disediakan 22.000 tempat tidur dan kamar mandi. Sementara kereta api bawah tanah di sana juga dioperasikan untuk membawa hingga 7 ton makanan dan 2.400 galon teh setiap hari.

London Olympic Stadium

Salah satu stadiun terkenal di dunia ada di London, yaitu London Olympic Stadium. Berdasarkan beratnya, stadiun ini merupakan stadiun olah raga paling ringan yang pernah dibangun di dunia.

London Olympic Stadium dibuat dari 2.500 ton tabung baja, yang merupakan bekas tabung gas. Meski begitu, stadiun ini mampu menampung hingga 80.000 orang.