Aneka Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Jeruk mandarin (Citrus nobilis Lour) adalah jeruk yang masih satu varietas dengan jeruk keprok. Buah ini kadang disebut jeruk jepun, jeruk maseh, jeruk paseh, jeruk ragi, atau cina kondeh.

Di Belanda, jeruk ini disebut mandarine atau mandarijn. Di Jepang disebut mandarinen apfelsine, di Tailand disebut Som-khieo-wan, di Malaysia disebut limau jepun, di Filipina disebut dalangita atau darangita, sementara bahasa Inggris menyebutnya mandarin orange atau tangerine orange.

Jeruk mandarin memiliki kulit tipis dan gampang dikupas. Sementara pohonnya relatif kecil, dengan tinggi antara 2-8 meter, dengan batang yang kadang berduri kadang tidak. Pohon jeruk mandarin dapat tumbuh di daerah pegunungan dengan ketinggian 700-1.200 meter di atas permukaan laut. Selain dimakan langsung, jeruk mandarin juga kadang dibuat sirup atau limun.

Sebagaimana jeruk lain, jeruk mandarin juga memiliki kandungan nutrisi, di antaranya sukrosa, gula pereduksi, asam sitrat, asam folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, kalsium, kalium, fosfor, besi, niasin, pektin, dan flavonoid.

Komponen utama jeruk mandarin adalah air, dan jeruk ini memiliki tingkat kadar gula sangat rendah. Karenanya, konsumsi jeruk mandarin akan bermanfaat untuk mendukung diet penurunan berat badan dan sebagai diuretik. Jeruk mandarin juga mampu membantu mengusir racun dari dalam tubuh.

Tidak hanya buahnya, bahkan kulit jeruk mandarin juga mengandung aneka senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya hesperidin, nobiletin, inositol, minyak atsiri, eukaliptol, asam metilantraniat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan lain-lain. Dengan semua kandungan tersebut, jeruk mandarin pun bagus untuk kesehatan, dan berikut ini manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi jeruk mandarin.

Menurunkan risiko kanker hati

Penelitian di Kyoto Prefectural University of Medicine menemukan bahwa jeruk mandarin dapat menurunkan risiko terkena kanker hati. Penelitian itu melibatkan 75 orang partisipan yang memiliki penyakit hepatitis kronis.

Sebanyak 30 orang diminta meminum jus jeruk mandarin secara rutin, dan sisanya tidak meminum jus tersebut. Hasilnya, 30 orang yang meminum jus jeruk mandarin tidak terkena kanker hati, sedangkan 45 orang lainnya memiliki risiko terkena kanker hati sebesar 8,9%.

Sumber vitamin C

Jeruk mandarin memiliki kandungan berupa serat, air, fruktosa, vitamin, dan mineral. Dari semua kandungan tersebut, vitamin C adalah yang paling tinggi. Karenanya, mengonsumsi jeruk mandarin sama artinya mengasup vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C memiliki peran penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh, serta menangkal radikal bebas, sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit.

Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang terdapat dalam jeruk mandarin cukup banyak, mencapai 3 gram serat per 100 gram buah. Kandungan serat alami itu dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh, melancarkan pencernaan, serta membuat Anda lebih lama merasakan kenyang, sehingga Anda bisa beraktivitas secara baik tanpa tergoda untuk ngemil.

Menurunkan kadar kolesterol

Jeruk mandarin memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, sekaligus membersihkan kolesterol jahat yang menimbulkan plak pada peredaran darah. Antioksidan di dalam jeruk mandarin juga berperan dalam menangkal radikal bebas, sehingga secara tak langsung menjauhkan Anda dari kemungkinan hipertensi, stroke, atau penyakit jantung.

Mencegah kanker payudara

Selain membantu menurunkan risiko kanker hati, jeruk mandarin juga diketahui dapat menurunkan risiko kanker payudara. Hal itu dimungkinkan, karena jeruk mandarin memiliki kandungan senyawa limonen, yang merupakan zat antikanker, khususnya kanker pada payudara.

Mencegah dan mengatasi TBC 

Untuk mencegah atau mengatasi TBC pada paru-paru, Anda bisa mengikuti resep berikut.

Siapkan 10 gram buah jeruk mandarin, 60 gram kaktus gepeng yang sudah dikupas kulitnya, dan 15 gram umbi bunga lili kering. Semua bahan tersebut direbus dengan 500 cc air sampai tersisa 300 cc, kemudian airnya diminum.

Mengatasi hipertensi

Untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, Anda bisa menyiapkan 1 buah jeruk mandarin, 1 buah apel, dan 1 buah labu siam. Semua buah itu disatukan, dan dijus atau diblender. Tambahkan gula pasir secukupnya, kemudian diminum.

Meningkatkan stamina

Untuk meningkatkan stamina atau energi pada tubuh, Siapkan 100 gram jeruk mandarin, 200 gram labu parang/labu kuning, serta 150 gram wortel. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari.

Menjaga kesehatan kulit

Rutin mengonsumsi jus jeruk mandarin dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu menghindarkan kulit dari serangan sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Selain diminum sebagai jus, Anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi jeruk mandarin secara langsung, atau mengoles-oleskan buah ini pada kulit.

Aneka manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, jeruk mandarin juga memiliki beberapa manfaat lain, berikut ini di antaranya:

Selain meningkatkan sistem imun pada tubuh, vitamin C dalam jeruk mandarin juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, bakteri, dan virus yang merugikan tubuh.

Kandungan limonen dalam jeruk mandarin memiliki efek sebagai peluruh dahak (ekspektoran) dan sebagai antiasma. Sementara minyak atsiri pada jeruk mandarin dapat meningkatkan sekresi cairan pencernaan.

Jeruk mandarin mengandung asam folat dan provitamin A dalam jumlah besar, yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, guna mencegah penyakit.

Serat yang terdapat dalam jeruk mandarin juga bermanfaat untuk meningkatkan transit usus, dan mencegah atau memerangi kondisi seperti sembelit.

Jeruk mandarin mengandung antioksidan kuat yang ampuh dalam mengatasi penuaan dini, serta membantu awet muda.

Jeruk mandarin dianjurkan untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, tetapi tidak disarankan untuk orang yang menderita penyakit ginjal dan masalah pencernaan.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Leunca untuk Kesehatan