Aneka Manfaat Jambu Mawar untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Jambu Mawar untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Jambu mawar (Syzygium jambos) adalah buah dari suku jambu-jambuan atau Myrtaceae, yang berasal dari Asia Tenggara. Bisa dibilang, jambu mawar adalah perpaduan antara jambu biji dan jambu air. Tampilannya dari luar mirip jambu biji, namun saat dibuka menyerupai jambu air. Disebut jambu mawar, karena buah ini memiliki aroma wangi semerbak, mirip bunga mawar.

Ada beberapa nama lokal yang biasa digunakan untuk menyebut jambu mawar. Di Aceh, buah ini disebut jambee iye mawar. Di Jawa, disebut klampok arum. Di Madura, disebut kalampok aeng mawar.

Di Sulawesi Utara, buah ini kadang disebut kembes mawar, kembes walanda, atau kumpasa im baranda. Di Makassar, disebut jambu jene mawara. Di Maluku, disebut jambu mawaro, kupo mawar, kuputol mawar, atau gora mawar. Di luar Indonesia, orang Thailand menyebut jambu mawar dengan sebutan chomphu namdokmai. Orang Filipina menyebutnya tampoy. Sedangkan bahasa Inggris menyebutnya rose apple atau malabar plum.

Tumbuhan jambu mawar telah menyebar luas ke berbagai wilayah tropis sejak ratusan tahun lalu. Sebagian tumbuh sebagai tanaman liar, sebagian lain ditanam secara sengaja. Pohon jambu mawar sering ditanam sebagai peneduh, karena daunnya tidak mudah rontok.

Selain dapat dimakan sebagai buah segar, jambu mawar juga dapat diolah atau diawetkan dengan berbagai cara. Buah jambu mawar bisa disuling untuk mendapatkan “air mawar”, sesuatu yang juga dapat diperoleh dari daun mahkota bunga mawar. Sementara daun jambu mawar dapat disuling untuk mendapatkan minyak atsiri, yang berguna sebagai wewangian.

Sebagaimana jenis jambu yang lain, jambu mawar juga mengandung nutrisi serta mineral yang baik untuk kesehatan, di antaranya vitamin B dan vitamin C, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, karoten, pektin, minyak atsiri, saponin, polifenol, flavonoid, dan tanin. Dengan kandungan yang dimilikinya, jambu mawar pun memiliki manfaat, dan berikut ini di antaranya.

Pembersih kandungan

Mengonsumsi jambu mawar dapat membantu membersihkan kandungan wanita yang usai melahirkan secara caesar.

Mencegah ngompol

Buah jambu mawar dapat dimanfaatkan untuk mencegah atau mengatasi kebiasaan mengompol yang biasa terjadi pada anak-anak.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu menyiapkan 10 buah jambu mawar, dicuci lalu dicacah halus, setelah itu diberi sepotong kecil gula jawa. Kemudian rebus semua bahan itu dalam 1 gelas air, dan tunggu hingga air rebusannya tinggal setengah gelas. Setelah disaring, minumkan airnya pada anak yang sering mengompol.

Mengatasi cacat air

Untuk mengatasi dan menyembuhkan cacar air, Anda perlu menyiapkan daun jambu mawar. Kumpulkan daun jambu mawar secukupnya, tumbuk sampai halus, lalu campur sedikit air. Setelah itu, gosokkan ke seluruh tubuh. Penyembuhan alami dengan daun jambu mawar ini dapat menyingkirkan cacar air, serta bisa mengobati bekas-bekas cacar air di kulit.