Aneka Manfaat Buah Kenitu untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Kenitu untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Kenitu (Chrysophyllum cainito) adalah buah mirip apel, yang kadang juga disebut macecu. Orang Jawa Timur menyebut buah ini dengan nama sawo hijau, sementara orang Lampung menyebutnya sawo manila.

Pohon kenitu dapat tumbuh hingga ketinggian 25-30 meter, dengan ranting yang cukup banyak. Daunnya berwarna hijau saat masih muda, lalu berubah kuning keemasan dan hijau mengilap saat mulai menua. Sedangkan kulit buah kenitu memiliki warna beragam, dari hijau hingga keunguan, dan daging buahnya memiliki warna putih agak bening. Selain dapat dimakan langsung sebagai buah segar, kenitu juga dapat dibuat sebagai campuran es krim atau serbat.

Di dalam 236 gram buah kenitu segar terdapat kandungan 67 kalori. Bagi Anda yang sedang diet, Anda bisa mengonsumsi kenitu sebagai camilan setiap hari. Selain rendah kalori, buah ini juga tidak mengandung lemak, dan rasanya juga enak.

Selain itu, buah kenitu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, yang ampuh melawan radikal bebas pada tubuh. Kemudian, kenitu juga mengandung vitamin C, vitamin E, asam fenol, polifenol, flavonoid, serta betakaroten.

Lebih lengkap, berikut ini kandungan nutrisi dalam buah kenitu, serta aneka manfaatnya dalam menunjang kesehatan.

Sumber serat

Tubuh kita membutuhkan 25-38 gram serat per hari, dan mengonsumsi buah kenitu dapat memberi asupan serat bagi tubuh. Keberadaan serat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Karenanya, mengonsumsi buah kenitu baik untuk mengukung diet dan menurunkan berat badan. Selain itu, serat serta nutrisi yang terkandung dalam buah kenitu juga dapat menurunkan risiko diabetes dan beberapa jenis kanker.

Sumber vitamin dan mineral

Buah kenitu mampu memberi 10 pesen dari jumlah kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Kalsium memiliki manfaat dalam menguatkan tulang dan gigi, serta dapat mengurangi gejala sindrom pra-menstruasi, seperti kram dan kembung perut.

Selain kalsium, buah kenitu juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sama-sama dibutuhkan tubuh. Kemudian, buah kenitu mampu menyuplai 2 persen zat besi untuk kebutuhan tubuh. Zat besi adalah mineral penting untuk oksigenasi tubuh, yang dibutuhkan setiap hari.

Melancarkan pencernaan

Kandungan air dan serat alami dalam buah kenitu sangat bagus dalam membantu mendinginkan tenggorokan, sekaligus melancarkan sistem pencernaan.

Menurunkan kadar gula darah

Tidak hanya buahnya, daun kenitu juga memiliki manfaat, yaitu membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa merebus beberapa lembar daun kenitu dalam air, lalu meminum air rebusannya secara rutin.

Meningkatkan sistem kekebalan

Kandungan antioksidan di dalam buah kenitu dapat membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya, sekaligus membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kecantikan kulit

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, kandungan antioksidan di dalam buah kenitu juga berperan dalam menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Radikal bebas dapat menyebabkan masalah pada kulit, seperti penuaan dini dan keriput. Antioksidan dalam buah kenitu membantu menangkal radikal bebas, sehingga kulit lebih terjaga.

Mengatasi diare

Untuk mengatasi diare, Anda bisa memanfaatkan biji buah kenitu. Caranya, pecahkan kulit biji buah kenitu, lalu direbus bersama air secukupnya. Setelah mendidih, saring airnya dan minum secara rutin.

Manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, buah kenitu juga masih memiliki beberapa manfaat lain, di antaranya mengatasi inflamasi dan diabetes, menurunkan gejala reumatik dan nyeri otot, mengurangi dahak dan mengatasi batuk, menambah energi serta stamina, mengurangi rasa nyeri saat haid, dan mengontrol tekanan darah tinggi

Baca juga: Aneka Manfaat Jambu Mawar untuk Kesehatan