Hal-hal yang Menyebabkan Lelah Saat Bangun Tidur

Hal-hal yang Menyebabkan Lelah Saat Bangun Tidur

BIBLIOTIKA - Tidur adalah aktivitas yang ditujukan untuk mengistirahatkan tubuh. Bahkan, tidur disebut sebagai istirahat terbaik. Saat bangun tidur, kita pun merasakan tubuh lebih segar, pikiran lebih segar, sehingga dapat bekerja dan beraktivitas dengan baik. Namun, ada kalanya kita masih merasa lelah saat bangun tidur. Rasanya, meski telah tidur dengan baik—dalam arti benar-benar terlelap—kita tidak merasa segar saat terbangun.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kita merasa lelah, meski telah tidur. Jika Anda mengalami rasa lelah saat bangun tidur, perhatikan hal-hal berikut, karena bisa jadi hal-hal ini yang menjadi penyebabnya.

Dehidrasi

Air sangat dibutuhkan tubuh, sehingga kita pun disarankan untuk minum dalam jumlah yang cukup. Jika kita kurang memberi asupan air untuk tubuh, dampaknya akan menimbulkan dehidrasi. Saat tidur, karena kita tidak menyadari kondisi itu, tubuh semakin “kering” karena kekurangan air. Dalam hal ini, kondisi dehidrasi sering menjadikan kita merasa lelah meski telah tidur dalam waktu yang cukup. Untuk mengatasinya, minumlah air putih saat bangun tidur.

Kurang tidur

Ini faktor yang bisa dibilang cukup jelas dan tidak mengejutkan. Kalau kita biasanya tidur 8 jam setiap malam, kemungkinan besar kita akan merasa lelah saat bangun tidur jika semalam hanya tidur 5 jam atau kurang. Hal semacam itu biasanya terjadi karena adanya kebutuhan-kebutuhan tertentu yang menjadikan waktu tidur kita berkurang. Jika memungkinkan, Anda bisa tidur di sela-sela waktu bekerja, atau tidur lebih awal di malam selanjutnya.

Gaya hidup

Tidur yang baik dan berkualitas ditunjang oleh gaya hidup yang sehat. Terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi junk food, misalnya, adalah salah satu ciri gaya hidup yang kurang sehat. Tubuh kita kesulitan mencerna makanan semisal junk food, sehingga tubuh bekerja keras saat kita tertidur. Akibatnya, saat terbangun keesokan harinya, kita merasa sangat malas untuk turun dari tempat tidur, karena merasa tubuh yang sangat lelah.

Merokok, minum minuman alkohol, atau kurang berolah raga, juga beberapa ciri gaya hidup kurang sehat, yang juga dapat berdampak pada rasa lelah saat kita bangun tidur.

Terlalu banyak kerja

Tentu saja orang perlu bekerja untuk mendapatkan nafkah, agar bisa hidup dengan baik. Tapi terlalu banyak kerja juga bisa menimbulkan masalah. Satu dua kali lembur dalam seminggu mungkin masih tidak bermasalah. Tapi jika setiap hari lembur sampai larut malam juga bisa menimbulkan masalah. Karena terlalu banyak bekerja, tubuh jadi kurang istirahat. Dampaknya, waktu tidur berkurang, sementara tubuh masih perlu beristirahat. Akibatnya, kita pun merasa lelah saat bangun tidur.

Stres

Faktor ini bisa berkaitan dengan faktor di atas, yaitu terlalu banyak kerja, meski penyebab stres tidak hanya karena pekerjaan. Terlalu banyak kerja, atau menjalani pola hidup yang buruk, akan membuat kita rentan stres. Stres akan menyebabkan tubuh kelelahan, dan dampaknya kita merasa lelah saat bangun tidur. Cobalah bersenang-senang di akhir pekan, tinggalkan sejenak urusan pekerjaan, dan biarkan tubuh serta pikiran menikmati refresing.

Baca juga: Kurang Tidur Bisa Memicu Diabetes dan Obesitas