Fakta-fakta Menarik Kota-kota Dunia

Fakta-fakta Menarik Kota-kota Dunia

BIBLIOTIKA - Masing-masing kota memiliki ciri dan keunikan tersendiri, meliputi letak, luas wilayah, hingga arsitektur dan bangunan yang ada di dalamnya. Berikut ini beberapa fakta menarik seputar kota-kota di dunia, meliputi kota dengan wilayah terluas, kota dengan penduduk paling sedikit, kota tertua dan termuda, kota tertinggi dan terendah, hingga kota pertama di dunia yang memiliki penduduk 1 juta orang.

Kota dengan wilayah terluas

Mount Isa, yang terletak di barat laut Queensland, Australia, adalah kota dengan wilayah paling luas di dunia. Luas wilayah kota itu mencapai sekitar 41.000 kilometer persegi. Di sana juga terdapat jalan raya kota sepanjang 189 kilometer, yang menjadi jalan raya kota paling panjang di dunia.

Kota dengan penduduk paling sedikit

Kota Hum, yang terletak di Kroasia, adalah kota dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia. Jumlah orang yang menghuni kota ini hanya sebanyak 23 orang. Kota Hum didirikan pada tahun 1102, dan sebelumnya bernama Kota Cholm. Kota ini memiliki arsitektur gedung zaman abad pertengahan.

Kota tertua dan kota termuda 

Jericho adalah kota paling tua di dunia, karena usianya diperkirakan mencapai 10.000 tahun. Di kawasan Arab, kota ini disebut Ariha. Sementara kota paling muda di dunia adalah Tel Aviv, yang usianya baru 80 tahun. Dua kota itu—yang paling tua dan paling muda—sama-sama ada di wilayah Timur Tengah yang terus bergolak.

Kota dengan daratan tertinggi 

Kota Potosi, di Bolivia, dinobatkan sebagai kota di dataran paling tinggi di dunia, karena memiliki ketinggian 4.100 meter (13.500 kaki) di atas permukaan laut. UNESCO menetapkan kota ini sebagai warisan dunia yang harus dilindungi.

Kota dengan daratan terendah

Jericho, yang dinobatkan sebagai kota paling muda di dunia, juga merupakan kota dengan daratan paling rendah di dunia. Kota ini berada di 260 meter (853 kaki) di bawah permukaan laut.

Kota pertama dengan penduduk 1 juta orang

Di masa sekarang, kota yang memiliki penduduk 1 juta orang adalah hal biasa. Saat ini bahkan ada lebih dari 300 kota yang memiliki penduduk lebih dari 1 juta. Tapi kota manakah yang pertama kali memiliki penduduk sebanyak itu? Jawabannya adalah Roma.

Roma di Italia adalah kota pertama yang memiliki penduduk mencapai 1 juta orang, pada 133 Masehi. Bandingkan itu dengan London di Inggris yang baru memiliki penduduk sebanyak 1 juta pada tahun 1910, atau New York di Amerika yang baru mencapainya pada 1875.

Kota dengan nama terpanjang

Semua orang mengenal Bangkok, tapi mungkin tidak semua orang tahu nama asli Bangkok. Kota terkenal di Thailand itu sebenarnya memiliki nama yang sangat panjang, bahkan paling panjang di dunia.

Selengkapnya, nama asli Kota Bangkok adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Nama itu diberikan oleh pendiri Bangkok, Raja Phra Buddha Yotfa Chulaloke, sekitar abad ke-18. Nama tersebut telah tercatat sebagai nama kota terpanjang di dunia menurut Guinness Book of World Record.

Baca juga: Daftar 50 Kota Besar Teraman di Dunia