Tips jika Ingin Tidur Setelah Sahur

 Tips jika Ingin Tidur Setelah Sahur

BIBLIOTIKA - Ketika bulan Ramadan tiba, umat Muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Dalam upaya menjaga kemampuan berpuasa seharian, makan sahur pun dilakukan, untuk mengisi tubuh dengan energi. Dianjurkan, makan sahur dilakukan menjelang imsak.

Berkaitan dengan makan sahur, ada nasihat yang menyatakan agar kita tidak langsung tidur setelah makan sahur. Selain dapat menimbulkan gangguan pencernaan, tidur setelah makan sahur juga dapat memunculkan kondisi refluks, yaitu berbaliknya makanan dari lambung ke esofagus, yang menyebabkan kerongkongan terasa panas. Refluks tersebut bisa menyebabkan beberapa risiko kesehatan serius.

Karenanya, jika kita ingin tidur setelah makan sahur, usahakan tidur setelah setidaknya dua jam seusai makan sahur, agar tubuh telah mencerna makanan yang baru saja kita masukkan.

Masalah kadang timbul, ketika kita makan sahur pada pukul 2 dini hari, misalnya. Atau, saat bangun tidur untuk makan sahur, kita masih sangat kelelahan karena baru tidur beberapa saat. Menghadapi kondisi semacam itu, kita pun biasanya ingin lekas kembali tidur setelah makan sahur, dan bisa jadi kita tidak sabar jika harus menunggu sampai dua jam untuk tidur kembali.

Untuk mengatasi masalah semacam itu, ada tip yang bisa dilakukan. Seperti yang dinyatakan di atas, makan sahur dianjurkan ketika mendekati imsak. Jika kita makan sahur mendekati waktu imsak, tidak lama kemudian waktu salat subuh datang. Jarak antara waktu imsak dengan waktu subuh hanya sekitar 10 menit. Gerakan-gerakan dalam salat subuh membantu memperbaiki metabolisme tubuh, pencernaan, juga peredaran darah, yang tentu dibutuhkan setelah makan sahur.

Kemudian, setelah melaksanakan salat subuh, tidurlah dengan meletakkan bantal agak tinggi (bisa menumpuk dua atau tiga bantal). Posisi bantal yang lebih tinggi akan menjaga kepala kita berada pada posisi yang juga lebih tinggi. Tujuannya agar makanan yang sudah masuk ke tubuh tidak naik lagi. Selain itu, posisi bantal yang lebih tinggi juga akan mencegah mulut kita terbuka selama tidur, sehingga tenggorokan tidak kering.

Dengan tip di atas, kita bisa tidur seusai makan sahur, tanpa harus menunggu sampai dua jam. Meski begitu, tentu lebih baik jika kita melakukan aktivitas lain seusai sahur, daripada tidur kembali. Beraktivitas di pagi hari dapat membantu tubuh lebih siap saat harus berangkat sekolah, kuliah, atau berangkat kerja. Tentu saja, agar tubuh dapat segar saat beraktivitas di pagi hari, kita tidak tidur terlalu larut malam.

Baca juga: Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Sulit Tidur