Yang Perlu Anda Tahu Seputar Tabir Surya dan Talk

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Tabir Surya dan Talk

BIBLIOTIKA - Krim tabir surya (sun screen cream) ternyata tidak cukup ampuh untuk melindungi kulit dari terik matahari. Krim pelindung ini tidak bisa diandalkan untuk menghindarkan pemakainya dari kanker kulit akibat radiasi sinar ultraviolet matahari.

Belakangan WHO pun menyarankan kita untuk menggunakan pelindung lain, meski sudah mengoleskan sun screen cream ke tubuh kita untuk melindungi tubuh dari sinar matahari. Pelindung itu bisa berupa payung, pakaian tertutup berlengan panjang, atau juga celana panjang.

“Harus ada pelindung lain untuk melindungi kulit dari terik matahari,” kata seorang pakar dari Cancer Research Centre, lembaga kanker di bawah WHO yang berpusat di Perancis.

Terlebih lagi, sebisa mungkin, hindari sinar matahari yang berbahaya, sekitar pukul 10.00 sampai 15.00 WIB.

Hati-hati dengan talk

Bedak talk memang banyak digemari. Bedak itu disukai lantaran bisa untuk mengusir keringat dan bau tidak sedap dengan cukup baik. Pemakainya bukan cuma remaja dan dewasa, tapi bahkan juga bayi.

Orang sering menaburkan talk di sekitar daerah genital untuk mengurangi kelembaban. Untuk bayi, bedak itu biasanya dipakai di semua bagian tubuh, termasuk juga daerah sekitar alat kelamin agar kulit bayi tetap kering.

Tapi siapa sangka kalau bubuk halus dan lembut itu bisa jadi petaka bagi perempuan yang memakainya? Body talk ditengarai bisa menyebabkan kanker indung telur! Akibat antara body talk di genital dan kanker indung telur itu tidak terlihat langsung karena akibatnya berbeda-beda bagi setiap orang. Maksudnya, talk bisa mendekatkan sebagian orang pada kanker indung telur, sedang sebagian lainnya tidak.

Meskipun demikian, American Cancer Society menyarankan agar tidak menggunakan bedak talk itu pada organ kelamin untuk menghindari kanker indung telur. Anda setuju?

Baca juga: Cara dan Langkah Mengecilkan Perut