Kiat Merampingkan Paha dan Merawat Betis

Kiat Merampingkan Paha dan Merawat Betis

BIBLIOTIKA - Anda termasuk orang yang sangat sibuk hingga nyaris tidak sempat berolah raga? Anda bisa menggunakan cara praktis yang akan membuat Anda tetap langsing meski tak harus olah raga secara berat.

Caranya, sebelum mandi pagi, lakukanlah lompat tali, lalu ikuti dengan 12 kali push-up ke dinding (tubuh mendorong ke arah dinding) dan ulangi sebanyak 4 kali. Lompat tali mampu membakar 10 kalori permenit dan mengencangkan kaki. Sementara push-up bisa membentuk otot bagian lengan dan dada. Tapi cara ini harus rutin dilakukan setiap pagi.

Selain itu, beberapa latihan ringan juga dapat menghancurkan lemak, khususnya lemak yang terdapat di daerah paha. Secara genetik, perempuan cenderung membangun apa yang dinamakan sebagai ‘fat pocket’ atau kantung lemak di bagian atas dan samping paha. Karenanya, latihan berikut ini dapat membantu menjaga paha Anda agar tetap ramping.

Berdirilah dengan kaki tetap terbuka. Lalu tekuk lutut dan bungkukkan ke arah depan, dan letakkan kedua tangan Anda di lantai. Angkat kaki kiri ke belakang kira-kira 30 cm dan gerakkan jari-jari kaki Anda keluar. Ulangi bergantian secara teratur cara ini dengan hitungan yang relatif sama.

Jemari kaki dibiarkan dalam posisi keluar, lalu angkat kaki kiri ke belakang setinggi-tingginya, tanpa memutar bagian pinggul. Tahan satu detik, kemudian turunkan lagi secara perlahan. Usahakan jari-jari kaki mengarah keluar semaksimal mungkin sehingga otot-otot paha terasa meregang untuk mengancurkan lemak-lemak yang terasa menggandul. Gantilah dengan kaki yang lain selama 6 menit.

Kiat merawat betis

Bukan hanya wajah yang perlu perawatan, tapi bagian-bagian tubuh yang lain juga perlu. Pada bagian betis, misalnya. Kadang orang sering dibikin pusing lantaran betis terlihat tidak indah. Sebenarnya, tidak susah merawat betis agar nampak mulus dan indah. Agar betis bisa terlihat seksi, lakukan saja tips berikut ini.

Untuk jadwal harian, olesi betis dengan minyak kelapa sambil diurut-urut. Lakukan hal itu sebanyak dua kali sehari setiap habis mandi.

Untuk jadwal mingguan, gosoklah betis dengan ampas kelapa dua kali seminggu.

Setiap melakukan hal di atas, basuhlah betis dengan air hangat sambil tetap diurut-urut.

Agar hasilnya maksimal, jangan bosan melakukan perawatan itu secara teratur.

Baca juga: Kiat-kiat Mengatasi Bau Kaki