Cara dan Langkah Mengecilkan Perut

 Cara dan Langkah Mengecilkan Perut

BIBLIOTIKA - Bermasalah dengan perut? Tak perlu repot-repot berkunjung ke pusat kebugaran, karena jika memiliki niat yang kuat, Anda pun bisa berlatih di rumah. Ada berbagai gerakan yang bila dilakukan dengan teratur, bisa membuat perut mulai mengecil meskipun tidak secara drastis.

Selain perut bisa mengecil, tentunya juga badan Anda pun bisa lebih fit karena latihan ini cukup membakar kalori. Gerakan sederhana ini bisa dilakukan dalam lima langkah, seperti di bawah ini.

Yang perlu diingat, latihan dilakukan sedikitnya dalam 30 menit namun lebih efektif jika berlangsung selama 45 menit. Frekuensinya, paling tepat seminggu lima kali. Siap untuk mulai...?

Berbaringlah di lantai dengan lutut menekuk dan telapak kaki rata dengan lantai. Letakkan tangan di belakang kepala. Lengkungkan punggung hingga Anda merasa kecil, biarkan sikut untuk menopang tubuh. Perlahan-lahan gunakan lengan untuk menahan kepala dan badan kembali ke lantai. Pada saat punggung terangkat, hembuskan napas dan pada posisi sebaliknya tahan napas. Lakukan gerakan ini 15 sampai 25 kali.

Berbaringlah di atas bangku. Panjangkan tangan di atas kepala dan raih ujung bangku. Angkat kedua kaki ke atas hingga jari-jari bisa tegak ke arah langit-langit. Namun pertahankan lutut dalam keadaan sedikit tertekuk. Angkat dan turunkan pinggul tanpa menyentuh bangku. Ulangi gerakan ini 15 sampai 25 kali.

Duduk di lantai dengan melipat kaki dan seluruh jari-jari tangan tegak ke depan. Pertahankan tangan pada posisi agak rendah, turunkan punggung namun pertahankan 45 derajat di atas lantai. Angkat kaki dari atas lantai dan panjangkan hingga lurus. Tahanlah hingga 30 detik. Ulangi 1 sampai 10 kali.

Berbaring di lantai dengan lutut ditekuk. Angkat kaki sehingga pinggul dan lutut membentuk 90 derajat. Letakkan tangan di belakang kepala, hingga sikut mengenai lantai. Angkat badan, hingga sikut kanan mencapai lutut kiri dan pada saat yang bersamaan, luruskan kaki kanan. Bergantian pada bagian yang lain, setiap bagian kiri lakukan 15 sampai 25 kali, demikian juga untuk bagian yang kanan.

Berbaring di lantai dengan posisi lutut ditekuk dan dirapatkan dengan kaki. Letakkan tangan di belakang kepala. Biarkan kedua lutut turun perlahan-lahan secara berbarengan ke salah satu sisi, sehingga posisi Anda seperti meringkuk. Ulangi untuk sisi yang berbeda, lakukan hingga 15 sampai 25 kali.

Baca juga: Aneka Manfaat Tersembunyi Jeruk Nipis