Aneka Manfaat Tersembunyi Jeruk Nipis

Aneka Manfaat Tersembunyi Jeruk Nipis

BIBLIOTIKA - Jeruk nipis yang kita kenal sebagai buah yang asam dan berukuran kecil itu ternyata memiliki manfaat yang banyak sekali. Terutama untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit-penyakit ringan, juga untuk merawat dan mempercantik diri.

Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis, yang mungkin belum Anda tahu:

Ambil jeruk nipis, lalu belahlah menjadi dua dan gosok-gosokkan pada kulit tubuh atau wajah, maka kulit Anda akan menjadi halus, putih dan cemerlang. Di samping itu, kulit tangan bisa menjadi lembut.

Peraslah jeruk nipis, kemudian ambil airnya. Campurkan dengan segelas air hangat dan minumlah setiap pagi. Ini berguna untuk menambah kemerduan suara Anda dan juga membuat kulit jadi halus.

Belahlah jeruk nipis, lalu gosok-gosokkan pada kulit. Ini berfungsi untuk melunturkan lemak pada kulit berminyak, dan juga memperkecil pori-pori kulit.

Minumlah perasan air jeruk nipis setiap pagi, siang dan malam hari. Itu akan berfungsi menjaga kestabilan tubuh Anda.

Jika rambut Anda berminyak dan cepat sekali kotor serta berwarna kusam atau tak berkilau, cucilah dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air jeruk nipis. Anda akan merasakan hasilnya setelah beberapa kali melakukannya.

Apabila rambut Anda berketombe, maka basuhlah rambut Anda dengan air perasan jeruk nipis dan biarkan selama 20 menit, lalu bilaslah dengan air bersih. Gunakan secara teratur dalam tiga kali pemakaian, ketombe akan kabur dan rambut Anda akan bersih kembali.

Untuk kuku yang buram warnanya karena ada noda yang melekat, gosok-gosoklah dengan air jeruk nipis, niscaya kuku akan menjadi cemerlang lagi.

Air jeruk nipis yang diberi sedikit kapur sirih juga bisa melenyapkan gatal-gatal di tenggorokan dan menyembuhkan batuk maupun pilek.

Baca juga: Aneka Manfaat Delima Putih untuk Kesehatan