Kiat Mencegah dan Mengatasi Dagu Ganda

Kiat Mencegah dan Mengatasi Dagu Ganda

BIBLIOTIKA - Semakin bertambah usia, semakin kendur otot dan kulit kita. Begitu juga daerah bagian dagu yang dipenuhi otot. Meski demikian, tidak berarti lipatan ganda bahkan hingga tiga lapis di dagu tak bisa dicegah sedini mungkin. Seperti bagian tubuh lainnya, jaringan di bawah dagu mengumpulkan lemak jika ia diberi kesempatan untuk itu. Inilah penyebab dagu ganda; semata karena penumpukan lemak.

Langkah pertama untuk mencegah dagu ganda sedini mungkin adalah dengan membiasakan asupan tinggi serat dan rendah lemak serta kalori, sayur, dan buah segar. Ini akan membantu Anda mencegah penumpukan lemak di jaringan tubuh. Selain itu, menggunakan toner untuk kulit secara teratur juga akan membantu membuat jaringan kulit tetap padat.

Olahraga ringan di daerah dagu juga membantu otot tetap kencang lebih lama. Caranya dengan menepuk bagian di bawah dagu (antara dagu dan leher) dengan punggung tangan secara teratur. Lakukan dengan gerakan lembut, makin lama semakin cepat selama beberapa menit, dua atau tiga kali sehari.

Senam dagu juga merupakan pilihan yang baik karena secara langsung melatih otot yang bernama platysma yang berfungsi menarik sudut mulut dan tulang rahang. Senam ini dapat dilakukan di rumah jika Anda malu orang lain memelototi cara Anda memainkan gerakan di sekitar dagu dan mulut.

Caranya, bukalah mulut Anda lebar-lebar dan tarik bibir bawah melewati batas gusi gigi bawah Anda. Gerakkan rahang Anda ke atas dan ke bawah seperti gerakan sekop yang mengeruk tanah. Bayangkan sebuah sekop yang mengeruk tanah dan mengangkatnya tinggi-tinggi. Lakukan gerakan ini sebanyak sepuluh kali. Latihan optimal dua atau tiga kali seminggu akan memberikan hasil terbaik.

Menghilangkan lemak di bawah dagu

Di bawah dagu Anda terdapat lemak-lemak yang menonjol? Mungkin ini bukan sesuatu yang terlalu mengganggu. Tapi bagi sebagian orang, adanya lemak di bawah dagu ini cukup mengganggu karena bisa mengurangi penampilan.

Ada cara praktis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak di bawah dagu ini. Caranya, jangan gunakan bantal di waktu tidur.

Dengan cara yang mudah dan sederhana itu, lemak di bawah dagu pun akan hilang, sekaligus istirahat Anda akan lebih terasa sempurna, sehingga lemak yang ada benar-benar akan hilang.

Baca juga: Kiat Menghilangkan Tahi Lalat