Cara dan Kiat Menghindari Bau Kaki

Cara dan Kiat Menghindari Bau Kaki

BIBLIOTIKA - Salah satu hal yang ditakuti perempuan selain bau napas dan bau badan adalah bau kaki. Jika bau napas bisa diatasi dengan permen atau pengharum napas, bau badan bisa diatasi dengan bedak atau deodoran dan parfum, maka mengatasi bau kaki terasa lebih sulit. Terkadang, bau itu bahkan bisa bertahan lama dan meski sudah diobati seringkali kambuh lagi.

Bau kaki biasanya ditimbulkan oleh bakteri, yang datang dari kelembaban di sekitar kaki, disebabkan oleh sepatu. Apabila Anda malas membersihkannya, bau itu bahkan bisa menyengat. Tentu, Anda akan menjadi tidak nyaman, bukan? Tapi, jika sedikit telaten mengatasinya, Anda pun dapat menghilangkan bau itu untuk selamanya.

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah mencuci kaki dengan menggunakan sabun anti bakteri setiap habis bepergian. Gosoklah bagian telapak kaki dan sela-sela jemari, bisa dengan foot scrub, sikat berbulu halus atau batu apung. Lalu keringkan sesegera mungkin setiap habis mencuci kaki atau mandi, terutama di sela-sela jari kaki. Pastikan kaki Anda benar-benar kering.

Jika Anda memakai kaus kaki, gantunglah atau angin-anginkan kaus kaki itu setiap kali usai Anda pakai. Jangan pernah menyumpal sepatu Anda dengan kaus kaki yang baru Anda dipakai, terutama jika basah, karena itu akan menumbuhkan bakteri. Selain itu, jangan pernah memakai sepatu yang sama selama lebih dari tiga hari, kecuali telah Anda cuci. Lebih baik jika Anda mengenakan sepatu secara bergantian.

Namun, jika cara di atas masih sulit Anda lakukan, alternatif berikut ini bisa Anda coba. Pertama, seduhlah dua kantong teh dalam dua gelas cangkir, dan biarkan pekat selama 20 menit. Kemudian, tuangkan air teh itu ke dalam baskom, dan tambahkan dengan air dingin secukupnya, lalu rendamlah kaki Anda sambil menggosoknya, kurang lebih selama setengah jam. Setelah itu, keringkan kaki Anda.

Baca juga: Kiat Mencegah dan Mengatasi Dagu Ganda