Kiat-kiat Mengatasi Bau Kaki

Kiat-kiat Mengatasi Bau Kaki

BIBLIOTIKA - Mungkin Anda sering dibuat jengkel dan tersiksa dengan masalah bau jempol kaki. Bahkan, karena ‘bau’ yang mengesankan jorok itu, Anda menjadi rendah diri dalam lingkungan pergaulan. Padahal, masalah bau jempol kaki bisa dialami siapa saja, tanpa pandang bulu.

Timbulnya bau jempol itu, menurut sejumlah ahli, disebabkan oleh bakteri yang bersarang pada kaki dan alas kaki, terutama sepatu dan kaos kaki yang lembab. Kelembaban biasanya terjadi akibat keringat yang terperangkap pada sepatu yang pada gilirannya mengundang bakteri penyebab bau tadi.

Olahragawan dan pekerja-pekerja lapangan yang memiliki aktivitas fisik cukup tinggi, merupakan ‘sasaran empuk’ si biang penyebab bau. Apalagi kalau mereka tidak rajin membersihkan kaki dan alasnya secara rutin.

Untuk masalah semacam ini, ada beberapa saran yang terbukti cukup ampuh untuk mengatasi kuman penyebab bau kaki. Sebelum melakukan aktivitas, periksa dulu apakah sepatu yang akan digunakan benar-benar bersih dan kering. Terutama jika sepatu terbuat dari bahan-bahan kain atau sejenisnya, karena jenis sepatu semacam ini sangat efektif menyimpan keringat dan kuman.

Selain sepatu, perhatikan juga kaos kaki yang digunakan. Pilihlah kaos kaki yang terbuat dari katun alami, sehingga mampu menyerap keringat secara maksimal. Bahan katun alami juga lebih nyaman dipakai daripada bahan serat buatan. Pastikan kaki benar-benar kering sebelum mengenakan kaos kaki dan sangat dianjurkan untuk mengganti kaos kaki setiap hari.

Menaburkan bedak pada kaki sebelum menggunakan sepatu dan kaos kaki juga turut membantu mengatasi masalah bau ini, karena bedak mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau jempol.

Selain kebersihan alas kaki, masalah bau juga dapat diakibatkan oleh luka atau penyakit yang ada pada kaki, terutama bagian jari. Untuk mencegah agar kaki tidak lecet, jangan gunakan sepatu yang berujung terlalu lancip dan sempit.

Hindari juga penggunaan sepatu yang terlalu kaku karena dapat membuat kaki terluka. Cara memotong kuku yang salah seringkali juga menjadi penyebab penyakit yang pada gilirannya menimbulkan bau jempol tadi.

Baca juga: Mencerati dan Memahami Bercak Merah di Kulit