Panduan Aman Menggunakan Lensa Kontak

Panduan Aman Menggunakan Lensa Kontak

BIBLIOTIKA - Fungsi lensa kontak (contact lens) kini bukan lagi sekedar pengganti kacamata minus, tetapi juga sebagai pelengkap mode. Karenanya, orang yang penglihatannya normal pun terkadang atau sering juga memakainya. Apalagi warnanya juga beragam, mulai dari hitam kecoklatan, abu-abu, coklat, sampai hijau dan biru.

Apapun alasan Anda menggunakan lensa kontak, yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan lensanya dan kesehatan mata Anda. Karena apabila dua hal itu tidak terjaga bisa mengakibatkan hal-hal yang fatal.

Agar lensa kontak Anda tidak malah merusak mata, ada baiknya jika memperhatikan kiat-kiat berikut ini:

Cuci tangan terlebih dulu

Biasakan untuk selalu mencuci tangan lebih dulu dengan sabun, sebelum menyentuh mata. Apalagi saat akan mengenakan lensa kontak, atau menetesinya dengan obat tetes mata.

Saat akan membubuhkan atau membersihkan make up mata (termasuk memasang bulu mata palsu) pun, sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dulu agar bakteri dan kuman yang (mungkin) menempel pada tangan dan jari-jari Anda tak berpindah ke mata.

Bersihkan wadahnya

Cucilah wadah (case) lensa kontak Anda seminggu sekali dengan sabun halus atau cairan anti kuman (desinfectan) yang bisa dibeli di apotik atau optik. Atau masukkan saja wadah itu ke dalam mesin pencuci piring (dishwasher).

Selain itu, gantilah wadah itu dengan yang baru setiap beberapa bulan sekali. Ini penting, karena wadah itu bisa jadi tempat berkembang biaknya bakteri. Bayangkan saja apa yang akan menimpa mata jika bakteri itu menyusup ke lensa kontak Anda.

Jangan melebihi masa pakainya

Jangan memakai lensa kontak disposable (sekali pakai – habis pakai, buang) melebihi masa pakainya, sekalipun benda itu masih layak pakai. Jadi, kalau umur lensa kontak Anda hanya dua minggu, jangan mencoba untuk terus memakainya hingga tiga minggu.

Jangan terlalu lama memakainya

Sebaiknya, jangan pilih lensa kontak yang bisa dipakai lebih dari sehari. Sebab, apapun alasannya, lensa kontak adalah benda asing. Makin lama benda itu berada di mata, semakin besar pula risikonya.

Waspadailah infeksi 

Segera hubungi dokter, jika mata Anda merah atau mengalami iritasi yang berkepanjangan. Sebab, ini bisa merupakan tanda adanya infeksi yang serius di kornea, yang bisa menimbulkan kebutaan.

Baca juga: Aktif Bergerak Baik untuk Kesehatan Sendi