Apa yang Disebut Limbah Rumah Sakit?

 Apa yang Disebut Limbah Rumah Sakit?

BIBLIOTIKA - Rumah sakit adalah tempat mencegah, merawat, serta mengobati orang-orang sakit. Namun, rumah sakit juga memiliki limbah, dan—jika tidak dikendalikan dengan baik—limbah rumah sakit bisa merusak ekosistem alam, khususnya sungai.

Di antara limbah rumah sakit adalah limbah cair yang dianggap berbahaya dan beracun. Beberapa di antaranya bersifat infeksius, radioaktif, dan korosif. Selain itu, rumah sakit juga menghasilkan limbah padat dan gas.

Limbah infeksius, misalnya, diproduksi dari buangan laboratorium mikrobiologi dari ruang perawatan penyakit menular dan kamar bedah. Kemudian ada limbah jaringan tubuh manusia, berupa salah satu organ, darah, dan cairan tubuh.

Selain limbah obat-obatan, ada pula limbah kimia hasil tindakan medis, veterinari, laboratorium, proses sterilisasi, dan riset. Lalu limbah sitotoksik dan radioaktif kegiatan rontgen. Sedangkan limbah padat berasal dari alat-alat medis berupa jarum hipodermik, pisau bedah, pipet pasteur, perlengkapan intravena, dan sebagainya.

Karenanya, setiap rumah sakit harus melakukan pemilahan jenis-jenis limbahnya. Sebelum dilimpahkan ke badan air, limbah cair harus diolah terlebih dahulu. Sebab desinfektan savlon dan hibiscrub bisa membunuh bakteri dalam air. Karena berpotensi merusak lingkungan, Menteri Lingkungan Hidup menertibkannya dengan keputusan menteri Kep-58-MENLH/12/1995. Isinya menyangkut baku mutu limbah cair yang bisa dibuang ke aliran sungai terdekat.