Mengenal Singkatan-singkatan Populer Bahasa Latin

Mengenal Singkatan-singkatan Populer Bahasa Latin

BIBLIOTIKA - Kita pasti mengenal istilah “CV” yang merupakan singkatan “Curriculum Vitae”, yang biasa lekat dengan lamaran pekerjaan. CV adalah salah satu singkatan bahasa Latin yang sangat populer, karena juga digunakan dalam bahasa Inggris.

Kenyataannya, bahasa Inggris memiliki hubungan yang sangat erat dengan bahasa Latin, hingga banyak menggunakan istilah dalam bahasa Latin, untuk bidang pendidikan, pekerjaan, sampai keagamaan. Dari bahasa Inggris, istilah-istilah Latin itu kemudian tersebar ke dunia luas, hingga juga dikenal orang-orang Indonesia.

Berikut ini adalah singkatan-singkatan populer bahasa Latin, beserta arti atau maknanya. Singkatan-singkatan berikut ini mungkin kerap kita dengar atau kita temukan dalam tulisan.

A.D.: Anno Domini
Arti: Tahun Tuhan

A.D. adalah penanda sistem tahun pada kalender Masehi, yang menunjukkan penghitungan tahun yang dimulai sejak era kelahiran Yesus. Sedangkan B.C. digunakan untuk hitungan tahun yang setara dengan SM (Sebelum Masehi).

a.m.: ante meridiem
Arti: sebelum tengah hari

Istilah atau singkatan ini kerap menempel pada angka yang menunjukkan waktu (jam). Kenyataannya, a.m. memang penanda waktu pada sistem 12 jam untuk kisaran waktu pukul 00.00 hingga 12.00.

c., ca.: circa
Arti: berkisar/kira-kira

Istilah atau singkatan ini biasa digunakan untuk menunjukkan kisaran waktu (tanggal).

CV: Curriculum Vitae
Arti: Aliran Hidup

Jika diartikan secara harfiah, Curriculum Vitae memiliki arti Aliran Hidup, yang merupakan uraian berisi daftar meliputi identitas dan hal-hal lain terkait seseorang. Kini, CV kerap menjadi hal penting yang dilampirkan bersama surat lamaran kerja.

et al.: et alii
Arti: dan kawan-kawan

Istilah atau singkatan “et al.” kerap kita temukan di karya-karya ilmiah, biasanya melekat pada suatu nama tertentu (di daftar pustaka). Bahasa Indonesia memiliki singkatan yang bisa dibilang setara dengan itu, yakni “dkk” yang berarti “dan kawan-kawan”. Sementara bahasa Inggris menggunakan “et al.” untuk menyebut “co-workers”.

etc.: et cetera
Arti: dan lain-lain

Istilah atau singkatan ini sering digunakan dalam tulisan berbahasa Inggris, hingga mungkin banyak orang mengira kalau “etc” adalah singkatan bahasa Inggris. Padahal, “etc” yang merupakan singkatan “et cetera” berasal dari bahasa Latin.

Dalam bahasa Inggris, singkatan ini biasa digunakan untuk menyebut hal-hal lain yang berhubungan dengan hal yang disebutkan sebelumnya (terutama bukan orang). Dalam bahasa Indonesia, singkatan yang setara adalah “dll” yang merupakan singkatan “dan lain-lain”.

e.g.: exempli gratia
Arti: sebagai contoh

Singkatan “e.g” kadang kita temukan pada tulisan berbahasa Inggris, dan singkatan itu biasa digunakan untuk menyebutkan contoh-contoh yang sesuai dengan hal yang dibicarakan. Dalam bahasa Indonesia, istilah yang setara dengan itu adalah “misalnya”.

id.: idem
Arti: sama

Bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia sering menggunakan istilah “idem” dalam tulisan maupun percakapan. Istilah ini dimaksudkan untuk menunjukkan sesuatu yang sama dengan sebelumnya. Istilah Indonesia yang setara dengan itu adalah “sda” yang merupakan singkatan “sama dengan atas”.

i.e.: id est
Arti: itu dia

Istilah atau singkatan ini biasa digunakan untuk menunjukkan penekanan atas hal yang merupakan sesuatu yang sedang dibicarakan. Dalam bahasa Indonesia, istilah yang setara dengan itu adalah “dengan kata lain”.

lb.: libra
Arti: timbangan

Libra adalah salah satu nama zodiak, yang dilambangkan dengan gambar timbangan. Kenyataannya, Libra memang memiliki arti Timbangan. Tapi Libra bukan soal zodiak, melainkan juga satuan timbangan. Negara-negara barat menggunakan sistem timbangan yang disebut pound (0,45 kg) yang satuannya menggunakan istilah “libra”.

p.a.: per annum
Arti: selama setahun

Istilah atau singkatan ini biasa digunakan untuk menunjukkan hal yang bersifat tahunan. Dalam bahasa Indonesia, istilah yang setara dengan itu adalah “per tahun”.

per cent.: per centum
Arti: setiap seratus

Istilah atau singkatan ini biasa digunakan untuk menunjukkan sesuatu dalam skala seratus, setara dengan “persen” yang biasa digunakan dalam bahasa Indonesia.

p.m.: post meridiem
Arti: sesudah tengah hari

Sama seperti “a.m.”, singkatan “p.m.” juga berhubungan dengan waktu (jam), dan singkatan ini merupakan penanda waktu pada sistem 12 jam untuk kisaran waktu pukul 12.00 hingga 24.00.

P.S.: post scriptum
Arti: setelah tulisan

Di surat, kadang kita menemukan singkatan “P.S.”, yang lalu diikuti tambahan kalimat tertentu. Kenyataannya memang “P.S.” adalah singkatan “post scriptum” yang merujuk pada kalimat setelah suatu tulisan selesai.

Dalam bahasa Inggris, istilah ini diadaptasi menjadi “postscript”, yang digunakan untuk menunjukkan catatan tambahan setelah tulisan (surat). Sedangkan istilah dalam bahasa Indonesia biasa menggunakan singkatan NB yang bisa diartikan “nambah bicara”.

Q.E.D.: quod erat demonstrandum
Arti: yang diperlihatkan

Istilah ini biasa digunakan dalam ilmu matematika sebagai akhir dan penanda dalam pembuktian matematika (theorema). Secara simpel sering ditranslasikan menjadi “terbukti”.

Re: in re
Arti: dalam hal

Re adalah prefiks yang sering digunakan dalam subjek surat, nota, dan—yang paling sering diketahui—pada e-mail atau surat elektronik.

R.I.P. - Requiscat In Pace
Arti: semoga beristirahat dalam kedamaian

Mungkin banyak orang mengira singkatan R.I.P. berasal dari bahasa Inggris, karena sering diartikan “Rest In Peace”. Padahal, istilah atau singkatan Inggris tersebut mengadopsi istilah atau singkatan bahasa Latin. Singkatan tersebut biasa digunakan sebagai doa untuk orang yang meninggal, dan sering dituliskan pada batu nisan.

vs. v.: versus
Arti: lawan

Istilah atau singkatan ini biasa digunakan dalam permainan dan olahraga, menunjukkan pertandingan siapa melawan siapa. Di luar hal tersebut, singkatan ini juga kadang digunakan untuk membandingkan dua hal.

Baca juga: 5 Prinsip agar Belajar Bahasa Inggris Lebih Efektif