10 Politisi Paling Kaya di Dunia

10 Politisi Paling Kaya di Dunia

BIBLIOTIKA - Banyak orang terjun ke dunia politik, dan berambisi menjadi pemimpin, karena berharap kaya. Tapi tidak semua politisi menjadi kaya karena karir politiknya. Setidaknya, di dunia ini ada orang-orang yang terkenal sebagai politisi-politisi yang sangat kaya, namun kekayaan mereka bukan dihasilkan dari aktivitasnya politiknya, melainkan dari hal lain—misal bisnis yang dimilikinya, atau perusahaan yang dipimpinnya.

Ada pula politisi atau pemimpin negara yang kaya-raya, karena kebetulan memimpin negara yang memang kaya-raya. Misalnya pemimpin Uni Emirat Arab. Sebagai negara minyak yang sangat kaya, tentu wajar kalau pemimpinnya juga kaya-raya. Atau, bisa pula, ada gubernur yang kaya-raya, karena memimpin wilayah yang sangat kaya, misalnya Gubernur New York.

Berikut ini adalah sepuluh politisi yang terkenal sebagai politisi-politisi paling kaya di dunia, beserta taksiran jumlah kekayaan mereka. Daftar berikut ini dimulai dari yang paling rendah ke yang paling tinggi.

10. Silvio Berlusconi

Silvio Berlusconi mulai terjun ke dunia politik pada tahun 1994. Sebelumnya, dia terkenal sebagai raja media asal Italia, yang juga menjadi pemilik klub sepak bola terkenal, AC Milan. Kekayaannya mencapai 7 miliar dolar.

9. Alexander Lebedev

Ada banyak politisi yang dipuji sekaligus dicaci. Dalam hal ini, Alexander Lebedev termasuk di dalamnya. Di Rusia, dia dikenal sebagai politisi yang kontroversial, meski karirnya di dunia politik bisa dibilang selalu mulus. Apa pun kontroversi yang membelit dirinya, yang jelas Alexander Lebedev masuk dalam dafar politisi terkaya di dunia. Dia memiliki kekayaan mencapai 8 miliar dolar.

8. Serge Dassault

Serge Dassault adalah salah satu tokoh berpengaruh di Prancis. Selain menjadi politisi terkenal, dia juga seorang pengusaha yang memang kaya-raya. Hartanya diperkirakan mencapai 9 miliar dolar.

7. Lord David John Sainsbury

Biasa dipanggil Lord David, dia adalah pengusaha sukses asal Inggris, yang lalu menjabat sebagai Menteri Ilmu Pengetahuan dan Inovasi di Inggris periode 1998-2006. Sebagai pengusaha dan politisi, kekayaannya diperkirakan mencapai 10 miliar dolar.

6. Savitri Jindal

Savitri Jindal adalah politisi wanita terkenal di India. Dia menjadi anggota aktif di Majelis Legislatif, dan memiliki kekayaan yang diperkirakan mencapai 12 miliar dolar. Karenanya, Savitri Jindal disebut-sebut sebagai politisi wanita paling kaya di dunia.

5. Meg Whitman

Selain menjadi politisi wanita di Amerika, Meg Whiteman juga menjabat sebagai CEO atau pejabat eksekutif tertinggi di perusahaan Hewlett-Packard. Jabatannya di perusahaan Hewlett-Packard itulah yang memungkinkannya memiliki kekayaan besar, yang diperkirakan mencapai 13 miliar dolar.

4. Zong Qinghou

Zong Qinghou adalah salah satu legenda di daratan Cina. Meski tidak memiliki pendidikan formal tinggi, dia bisa menjadi pengusaha dan investor yang sukses, juga mampu menjadi politisi yang disegani. Majalah Forbes bahkan menempatkannya di urutan ke-11 dalam daftar orang terkaya di Cina. Zong Qinghou diperkirakan memiliki kekayaan mencapai 15 miliar dolar.

3. Vladimir Putin 

Vladimir Putin adalah politisi Rusia yang terkenal di dunia internasional, karena menjadi salah satu tokoh Rusia yang berpengaruh. Karir politiknya makin bersinar setelah dia menjabat sebagai Presiden Rusia pada 2012 silam. Dalam hal kekayaan, Vladimir Putin diperkirakan memiliki harta senilai 16 miliar dolar.

2. Tom Golisano

Tom Golisano mungkin tidak terlalu terkenal di Indonesia, namun ia tokoh terkenal di Amerika, khususnya di New York. Pasalnya, Tom Golisano adalah orang yang menjabat sebagai Gubernur New York selama tiga periode berturut-turut. Rentang waktu yang sangat lama sebagai pemimpin New York itu tampaknya ikut berkontribusi dalam menumpuk kekayaan Tom Golisano. Dia diperkirakan memiliki harta senilai 17 miliar dolar.

1. Khalifah bin Zayed al-Nahyan

Syaikh Khalifah bin Zayed al-Nahyan adalah Presiden Uni Emirat Arab dan Emir Abu Dhabi. Dia meraih posisi tersebut pada 3 November 2004, menggantikan ayahnya, Zayed bin Sultan al-Nahyan, yang meninggal sehari sebelumnya. Sebagai pemimpin negara kaya-raya, Syaikh Khalifah diperkirakan memiliki kekayaan mencapai 19 miliar dolar.

Baca juga: 100 Tokoh Dunia Paling Berpengaruh Sepanjang Masa