Ingin Berwisata Sambil Menambah Wawasan? Datang Saja Ke Museum Tekstil

Ingin Berwisata Sambil Menambah Wawasan? Datang Saja Ke Museum Tekstil

Dengan tujuan melestarikan kain tradisional Indonesia, maka sebuah Museum Tekstil didirikan di Jakarta, tahun 1976. Museum yang terletak di Tanah Abang, Jakarta Barat ini, menjadi salah satu tempat yang mampu menjaga hasil budaya dan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Harapan agar produksi tekstil di Indonesia bisa bangkit dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri, turut menjadi inspirasi diprakarsainya museum ini. Sehingga berkunjung ke museum tersebut tidak hanya menjadi kegiatan wisata yang menarik, tetapi juga mampu menambah wawasan yang sangat berharga.

Wawasan Berharga Yang Diperoleh Dari Museum Tekstil

Museum Tekstil Jakarta, menjadi satu dari beberapa museum di Indonesia yang menyimpan kekayaan tekstil tanah air. Koleksi yang ada di museum ini memiliki jumlah paling banyak diantara koleksi-koleksi yang dimiliki museum lainnya. Semua koleksi tersebut disimpan di sebuah bangunan yang dibuat pada abad XIX. Selain kain-kain tradisional, ada berbagai koleksi dan kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di museum ini. Semua itu disuguhkan sebagai sebuah kegiatan wisata yang mampu menambah wawasan bagi pengunjungnya. Adapun wawasan yang bisa didapatkan tersebut, adalah:

1. Mengenal keragaman kain tradisional Indonesia

Kain tradisional yang ada di seluruh tanah air, sangatlah banyak jenis dan ragamnya. Tidak heran jika koleksi kain yang ada di Museum Tekstil Jakarta bisa mencapai hingga lebih dari 1.000 jenis. Diantaranya adalah berbagai jenis kain batik dan kain tenun. Pakaian-pakaian adat dari berbagai daerah di tanah air juga turut dipamerkan. Tidak ketinggalan alat-alat tradisional yang digunakan untuk membuat kain-kain tersebut. Semua koleksi tersebut dapat kita kenali sambil menikmati sebuah perjalanan wisata yang menyenangkan.

2. Mengenal berbagai tanaman yang digunakan dalam pembuatan kain

Tidak hanya di bagian dalam, halaman dari Museum Tekstil yang terletak di Jakarta Barat ini juga menjadi tempat dari berbagai koleksi yang sangat berharga. Koleksi tersebut merupakan berbagai jenis tanaman yang dipakai sebagai bahan untuk mewarnai kain-kain tradisional. Lahan yang memiliki luas hingga 2.000 m2 ini juga ditanami berbagai jenis pepohonan yang sering diambil seratnya untuk dijadikan bahan pembuatan kain, mulai dari jaman nenek moyang.

3. Mengetahui sejarah kain Indonesia

Wawasan mengenai tekstil di Indonesia tidak hanya bisa kita dapatkan dengan melihat koleksi kain ataupun tanaman. Kita juga bisa mengajak anak-anak untuk menonton film dokumenter yang diputar di museum ini. Film-film tersebut terutama berkisah mengenai sejarah kain yang ada di tanah air. Dengan menonton video ini, anak-anak dapat lebih memahami bagaimana kearifan lokal bangsa kita dalam hal berpakaian dan cara pembuatannya.

4. Belajar membuat batik

Selain berjalan-jalan sambil melihat-lihat, pengunjung Museum Tekstil juga diajak untuk bisa terlibat langsung dalam pembuatan kain tradisional. Di museum ini memang telah dibangun sebuah Pendopo Batik, yang menjadi tempat bagi para pengunjung untuk bisa belajar membuat batik. Pengunjung akan belajar cara membuat pola, mencanting hingga mencelup kain. Dengan cara ini diharapkan masyarakat Indonesia dapat memahami filsafat dari batik serta lebih menghargai kain-kain tradisional.

Semua wawasan yang diperoleh di Museum Tekstil, sebenarnya merupakan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang harus selalu dilestarikan. Generasi muda sebaiknya mengetahui kekayaan tekstil bangsa sendiri agar dapat mencintai, melestarikan hingga memanfaatkannya. Untuk mengunjungi museum tersebut, kita tidak perlu khawatir dengan lalu lintas Jakarta. Karena docar.co.id menawarkan layanan rental mobil jakarta yang mampu membuat perjalanan wisata di Jakarta menjadi lebih menyenangkan. Selain di Jakarta Docar juga melayani kota lain seperti Palembang, Pekanbaru dan Cirebon.

Museum tekstil Jakarta menjadi salah satu tempat wisata yang memberikan banyak wawasan. Pengunjung bisa mengetahui berbagai koleksi yang berhubungan dengan kain tradisional.