Pesan Tersembunyi dalam Film Beauty and the Beast

Pesan Tersembunyi dalam Film Beauty and the Beast

BIBLIOTIKA - Beauty and the Beast adalah film yang diangkat dari dongeng. Kisah-kisah yang berasal dari dongeng umumnya memiliki pesan-pesan tertentu. Pesan-pesan itu biasanya tersembunyi, tidak dinyatakan secara jelas, namun diharapkan dapat dipahami oleh si penerima dongeng. Begitu pula dengan dongeng Beauty and the Beast, yang kini filmnya diputar di seluruh dunia.

Lalu apa pesan yang terdapat dalam film Beauty and the Beast?

Beauty and the Beast mengisahkan cerita seorang wanita bernama Belle. Emma Watson, pemeran Putri Belle, menyatakan kepada majalah Vanity Fair, “Belle adalah putri Disney yang mandiri. Dia bukanlah sosok yang pasif, dia mengendalikan hidupnya hari ini dan masa depan.”

Sementara itu, Paul Young, seorang profesor dari Georgetown dan spesialis literatur Prancis abad ke-17 dan 18, menyatakan bahwa kisah Beauty and the Beast menggambarkan kondisi wanita pada abad ke-18, yang tidak memiliki banyak pilihan dan menjalani hidup dengan aturan baku.

“Kisah tersebut ditulis dan dipublikasikan oleh seorang wanita, dengan karakter wanita (Belle) yang mandiri, semangat dalam belajar, dan berani membuat pilihan untuk diri sendiri,” ujar Profesor Young.

Karakter tersebut sama sekali berbeda dengan kondisi wanita pada umumnya di abad ke-18, yang masih terkungkung dalam pilihan hidup serba terbatas.

Selain itu, pada kisah ini, Belle digambarkan sering beradu pendapat dengan Beast mengenai banyak hal. Kondisi itu juga tentunya langka terjadi antara pria dan wanita pada abad terdahulu.

Profesor Young menjelaskan, “Banyak pesan feminis dalam kisah Belle. Feminis  merupakan kebebasan. Berjuang untuk mendapatkan kesetaraan pria dan wanita.”

Baca juga: 10 Film Hollywood Terlaris Sepanjang Masa