Motor Masa Depan Dilengkapi Robot Unik yang Pintar

Motor Masa Depan Dilengkapi Robot Unik yang Pintar

BIBLIOTIKA - Berkendara menggunakan sepeda motor dilakukan banyak orang di berbagai negara. Untuk berangkat kerja, berangkat kuliah, atau untuk berbelanja, dan lain-lain. Sepeda motor bahkan sering kali dijadikan sarana untuk membawa beban tertentu. Orang-orang yang berbelanja juga sering membawa barang atau aneka beban yang dibawa menggunakan sepeda motor.

Urusan membawa barang atau beban itu sering kali merepotkan, karena nyatanya sepeda motor memang tidak memiliki bagasi khusus semacam mobil. Ukuran sepeda motor yang ramping tidak memungkinkan untuk dilengkapi bagasi besar. Beberapa sepeda motor terkini memang dilengkapi bagasi, biasanya di bawah jok, namun ukurannya relatif kecil, dan hanya dapat digunakan untuk menyimpan helm. Padahal, kebutuhan orang membawa barang atau beban kadang lebih besar dari itu.

Menghadapi masalah semacam itu, Piaggio Group—perusahaan asal Italia—mengembangkan robot yang unik sekaligus pintar, yang berfungsi sebagai bagasi berjalan. Perusahaan itu menciptakan dua robot, yang disebut GITA dan KILO.

KILO adalah robot bagasi mampu membawa barang atau beban hingga mencapai 100 kilogram, dan memiliki ruang berkapasitas 120 liter. Sedangkan GITA adalah robot bundar mirip roda, yang memiliki kapasitas lebih kecil dibandingkan KILO.

Michele Colaninno, salah satu anggota tim Piaggio Fast Forward (PFF), yang mengembangkan robot tersebut, menyatakan, “Kami memahami manusia dan kebiasaan mereka membutuhkan sesuatu. Inilah yang membuat kami menghadirkan GITA dan KILO. Kami membuat produk ini sejalan dengan kebutuhan masa depan manusia.”

Sementara Roberto Colaninno, CEO Piaggio, mengatakan bahwa kehadiran PFF sebagai pandangan masa depan, untuk manusia muda dan generasi masa depan, serta menjawab tantangan mobilitas yang semakin kompleks.

Apakah robot bagasi GITA dan KILO akan menempel pada sepeda motor yang kita kendarai? Jawabannya tidak. Robot pintar itu memang akan mengikuti penggunanya, namun tidak menempel pada sepeda motor.

Lalu bagaimana cara menggunakan robot bagasi tersebut? Pengguna robot bagasi itu akan diberi sebuah sensor yang dipasang di ikat pinggang khusus. Robot GITA atau KILO akan membaca sensor tersebut, lalu mengikuti pemiliknya, ke mana pun si pemilik pergi. Jadi pengguna tinggal mengendarai sepeda motor seperti biasa, namun kali ini dilengkapi sensor pada ikat pinggang yang dikenakan. Setelah itu, robot bagasi yang pintar dan setia akan siap mengikuti dan membawakan barang-barang belanjaan.

Di masa depan, sepeda motor yang dilengkapi robot unik dan pintar yang berfungsi sebagai bagasi ini mungkin akan menjadi tren sendiri.

Baca juga: Ternyata Pengguna Internet Bukan Hanya Manusia