Fakta-fakta Menarik Seputar Hari Valentine

 Fakta-fakta Menarik Seputar Hari Valentine

BIBLIOTIKA - Valentine Day atau Hari Valentine biasa dirayakan pada 14 Februari setiap tahun. Banyak orang, khususnya anak muda, di berbagai belahan dunia yang merayakan moment tersebut dengan sebutan “hari kasih sayang”. Karenanya, mereka pun memanfaatkan Hari Valentine untuk saling bertukar kado, mengirim kartu, memberi hadiah untuk orang-orang terkasih, dan semacamnya.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik seputar Hari Valentine, yang ada di berbagai belahan dunia.
  1. Negara-negara yang sangat terkenal dengan perayaan Hari Valentine di antaranya adalah Amerika, Kanada, Meksiko, Inggris, Prancis, Australia, Denmark, dan Italia.
  2. Setiap Hari Valentine, Kota Verona di Italia—tempat Romeo dan Juliet hidup—menerima sekitar 1.000 surat dari berbagai belahan dunia, yang ditujukan untuk Juliet.
  3. Di Kanada, sekitar 90 persen warga di sana membeli hadiah untuk pasangan mereka pada Hari Valentine.
  4. Sekitar 51 persen pasangan di dunia ingin merayakan Hari Valentine dengan makan malam romantis.
  5. Sekitar 67 persen pria dan wanita lajang melakukan kencan pertama pada Hari Valentine.
  6. Sekitar 73 persen orang yang membeli bunga untuk Hari Valentine adalah kaum pria, sementara 27 persen adalah kaum wanita.
  7. Sekitar 15 persen wanita di Amerika mengirim bunga untuk diri mereka sendiri di Hari Valentine.
  8. Cokelat menempati peringkat pertama sebagai hadiah yang dipilih untuk Hari Valentine. Pada tahun 1800-an, dokter umum menyarankan pada pasien yang patah hati untuk makan cokelat, karena dapat meredakan sakit mereka. Sampai hari ini, banyak wanita menemukan kenyamanan dalam sekotak cokelat ketika menghadapi patah hati.    
  9. Richard Cadbury, sebuah perusahan cokelat, menghasilkan kotak pertama cokelat untuk Hari Valentine pada tahun 1800-an.
  10. Setiap tahun, pada Hari Valentine, sekitar 50 juta cokelat berbentuk hati terjual di berbagai belahan dunia.
  11. Setiap tahun, pada Hari Valentine, rata-rata ada 220.000 ajakan pernikahan yang ditujukan seseorang pada kekasihnya.
  12. Menurut Asosiasi Kartu Ucapan Amerika Serikat, setiap tahun—pada Hari Valentine—ada 145 juta kartu Valentine yang dikirim di AS. Jumlah kiriman itu merupakan terbesar kedua setelah kiriman kartu Natal yang mencapai 1,6 miliar buah, dan diikuti kiriman kartu di Hari Ibu yang mencapai 133 ribu kartu. 
  13. Dari semua kartu Valentine yang dibeli dan dikirim, sebanyak 85 persen dilakukan oleh wanita.
  14. Sekitar 65 persen orang memanggil nama hewan peliharaan mereka dengan sebutan Sayang, Babe, atau Honey. Sekitar 3 persen dari pemilik hewan peliharaan akan memberikan hadiah Hari Valentine untuk hewan peliharaan mereka.
  15. Sebuah jajak pendapat terbaru menemukan bahwa satu dari sepuluh orang dewasa mengaku kesepian, tidak aman, depresi, dan tidak menginginkan Hari Valentine.
  16. Sekitar 40 persen orang memiliki perasaan negatif terhadap Hari Valentine.
  17. Kartu Valentine pertama dikirim oleh Charles, Duke of Orleans, kepada istrinya, ketika Charles sedang dipenjara di Menara London. Dia tetap menjadi tawanan perang selama dua puluh empat tahun selanjutnya.
  18. Hadiah cinta yang paling mahal sekaligus paling indah adalah Taj Mahal di India. Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Mughal, Shah Jahan, sebagai tanda cinta untuk istrinya.

Baca juga: Tips Bila Kamu Naksir Tapi Malu