Tap Strap, Alat untuk Mengubah Semua Benda Menjadi Keyboard

Tap Strap, Alat untuk Mengubah Semua Benda Menjadi Keyboard

BIBLIOTIKA - Keyborad adalah alat berisi seperangkat huruf dan angka serta tanda baca, yang digunakan untuk menulis/mengetik di berbagai peranti. Keyboard tidak hanya digunakan di komputer, namun juga di ponsel, atau bahkan di peranti lain yang memungkinkan.

Selama ini, keyboard umumnya terkait langsung dengan peranti yang menggunakannya. Misal keyboard langsung terhubung dengan komputer (diperantarai kabel), sementara keyboard ponsel juga sudah tertanam di dalam ponsel. Belakangan, inovasi-inovasi yang dilakukan terhadap keyboard telah menghadirkan keyboard bluetooth yang memungkinkan keyboard dapat dioperasikan tanpa terhubung kabel. Ada pula keyboard yang bisa dilipat, dan lain-lain.

Kini, telah muncul inovasi baru terkait keyboard, yang disebut Tap Strap. Dengan alat yang disebut Tap Strap ini, kita bisa mengubah benda apa pun menjadi keyboard. Dengan kata lain, Tap Strap bisa mengubah meja, kursi, atau apa pun, menjadi seperangkat keyboard yang dapat digunakan untuk mengetik.

Tap Strap berbentuk seperti knuckle, senjata dari logam yang dipakai di buku-buku jari. Alat canggih yang diciptakan oleh perusahaan Systems Inc itu tidak dilengkapi satu huruf pun.

Pada Tap Strap terdapat lima lubang yang dapat dikenakan di kelima jari tangan pengguna. Alat itu dilengkapi sensor yang dapat menerima informasi tangan dan jari penggunanya, sehingga Tap Strap dengan mudah bisa mengubah apa pun menjadi keyboard. Pengguna Tap Strap bisa mengubah ketukan jari di permukaan benda apa pun menjadi serangkaian huruf dan perintah.

Pengguna Tap Strap tinggal mengetuk apa pun untuk “menciptakan” sebuah keyboard virtual. Satu ketukan berarti satu huruf, sedangkan kombinasi ketukan akan menghasilkan huruf-huruf lain. Tap Strap juga dilengkapi bluetooth, yang memudahkan pengguna menghubungkan Tap Strap dengan perangkat lain, seperti telepon seluler ataupun tablet.

Pada Mei 2016, saat masih dalam tahap beta, Tap Strap telah diuji oleh sekelompok beta tester. Berbagai feedback dari pengujian tersebut kemudian menuntun tim Tap System Inc untuk menyempurnakan Tap Strap.

Kini, Tap Strap memiliki fungsi kontrol seperti mouse, serta fitur haptic feedback yang dapat membantu pengguna mengetik melalui ketukan jari. Namun, menggunakan Tap Strap akan menjadi tantangan bagi penggunanya. Mereka harus mengingat kombinasi tertentu untuk menghasilkan huruf-huruf yang berbeda.

Menurut Tap System, pengguna dapat membiasakan jari mereka dengan berlatih memainkan permainan pada Tap Genius, yaitu aplikasi permainan dari perusahaan Tap System. Meski begitu, orang yang sudah terbiasa dengan keyboard QWERTY mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membiasakan diri menggunakan Tap Strap.

Tap Strap akan mulai dipasarkan pada Agustus 2017. Informasi lebih lanjut tentang perangkat ini bisa dilihat di situs resminya, www.tapwithus.com.

Baca juga: Kertas Ajaib, Bisa Kembali Kosong Setelah Ditulisi