Cara Memanfaatkan Relaksasi untuk Kecantikan

Cara Memanfaatkan Relaksasi untuk Kecantikan

BIBLIOTIKA - Stres dan kondisi lingkungan yang buruk akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Sinar matahari, udara yang terlalu panas, lembab atau kering, bisa membuat kulit kehilangan vitalitasnya. Untuk mengembalikan vitalitas dan memperlancar peredaran darah, lakukan saja pemijatan sederhana. Teknik pemijatan ini telah dipraktekkan selama berabad-abad untuk membuat rileks tubuh dan pikiran.

Sekarang, Anda pun bisa melakukannya sendiri, misalnya dengan memijat lengan bagian atas dan pundak sendiri saat sedang merasa capek. Cara ini bisa melancarkan kembali peredaran darah di sekitar bagian itu dan mencegah otot menjadi kaku. Remas dan lepaskan kulit pundak dengan kuat, menggunakan tangan yang berlawanan. Konsentrasikan remasan pada bagian yang paling terasa capek atau lelah.

Cara yang sama juga bisa dilakukan untuk meredakan stres dan rona wajah yang capek. Dengan melakukan pemijatan wajah, akan memperbaiki kondisi wajah secara keseluruhan. Teknik pemijatannya pun hanya butuh waktu beberapa menit saja. Gunakan pelembab atau minyak wajah agar gerakan tangan menjadi lebih lancar.

Bersihkan wajah dengan penyegar, bubuhkan minyak di seluruh wajah dan leher dengan gerakan menyapu ke arah atas. Usahakan setiap pagi mencubit pelan daerah tulang pipi sampai garis rahang.

Malamnya, ganti gerakan mencubit dengan gerakan melingkar dengan garis telunjuk. Tekan selama beberapa detik pada daerah yang terasa tegang. Misalnya pada sudut dalam dan luar mata serta pangkal alis. Dengan berirama, tepukkan tiga jari tangan di seluruh wajah. Mulai dari dagu bergerak perlahan ke garis rahang dan pipi, ke arah atas sampai ke bawah mata. Tapi, hindari daerah sekitar mata.

Setelah itu, dengan memakai dua jari, pijatlah daerah dahi, mulai batas alis sampai garis rambut. Lakukan gerakan cepat pada pagi hari untuk membangkitkan semangat. Sedangkan gerakan lebih lambat, lebih rileks dan menenangkan untuk malam hari.

Terakhir, tempatkan kedua tangan bersama-sama di samping hidung dan mulut, lalu usapkan telapak tangan ke seluruh wajah beberapa kali. Lakukan gerakan ini dengan cepat untuk ‘membangunkan’ wajah, atau gerakan lambat untuk menenangkan.

Baca juga: Panduan Sehat, Panjang Umur, dan Awet Muda