Berbagai Penyebab Timbulnya Jerawat

Berbagai Penyebab Timbulnya Jerawat

BIBLIOTIKA - Munculnya jerawat pada wajah dapat pula dipicu oleh hal-hal tertentu, semisal karena terkena efek negatif dari pil kontrasepsi, adanya ketidakseimbangan hormon, dan masalah hormon lainnya. Tetapi, kebanyakan yang terjadi adalah karena kebiasaan hidup yang kurang baik, khususnya dalam hal penanganan wajah sehari-hari. Dan ironisnya, kebiasaan-kebiasaan yang semacam itu jarang sekali disadari.

Contohnya adalah jerawat yang timbul karena gerakan tangan. Jerawat ini muncul karena gerakan mekanis seperti penggesekan, penekanan atau juga pelecetan yang dilakukan oleh tangan dan benda-benda lainnya. Tindakan semacam itu bisa merupakan kebiasaan menggaruk wajah dengan kuku, mengelap wajah dengan lengan yang belum tentu bersih, kebiasaan mengutak-utik komedo pada wajah atau bekas jerawat, serta aktivitas-aktivitas lain yang pada prinsipnya mendatangkan kotoran dan menimbulkan iritasi pada wajah.

Ada pula jenis jerawat yang tercetus karena akibat vitamin dosis tinggi. Ini biasanya dikarenakan kelebihan kadar vitamin dalam darah. Orang yang terserang jerawat jenis ini biasanya adalah orang yang terlalu perhatian dengan kesehatannya, sehingga mengkonsumsi vitamin dalam dosis atau jumlah yang terlalu tinggi, terutama vitamin B12 dan vitamin E secara oral (ditelan).

Nah, tahukah Anda, bahwa ada jenis jerawat yang juga diakibatkan karena aktivitas di dapur? Jerawat jenis ini disebabkan oleh uap panas dari wajan penggorengan yang bisa saja meracuni wajah ketika Anda mengaduk makanan atau masakan tertentu di dalam wajan yang panas. Tak terkecuali pula panas makanan tertentu yang merangsang kelenjar minyak wajah dapat mencetuskan timbulnya jerawat.

Kemudian ada makanan-makanan tertentu yang memiliki pengaruh tinggi terhadap munculnya jerawat, misalnya saja uap mentega yang digoreng. Karenanya, ada baiknya kalau memiliki dapur yang cukup luas sehingga perputaran udara di dalamnya dapat maksimal. Ini sangat penting untuk mengurangi konsentrasi uap masakan yang kemudian ‘menyerang’ wajah Anda.

Faktor lain yang juga menyebabkan timbulnya jerawat adalah daging suntik. Pada masa sekarang ini banyak sekali makanan yang terbuat dari daging yang dagingnya telah disuntik dengan hormon atau diberi makanan steroid agar bisa membesar dan empuk. Apabila Anda mengkonsumsi jenis makanan seperti ini, maka zat kimiawi tadi akan bereaksi di dalam tubuh Anda. Reaksi yang umum adalah berbentuk produksi minyak pada kulit secara berlebihan, sehingga akibatnya menimbulkan jerawat.

Kosmetika atau pemakaian kosmetika juga dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Alas bedak atau foundation, pemerah pipi, maskara, pewarna mata, tabir surya, concealer, pelembab bibir ataupun jenis kosmetika lainnya dapat mengandung minyak dan bahan-bahan atau zat lain yang merangsang tumbuhnya jerawat di wajah. Hati-hati pula dengan sabun pembersih muka, karena apabila tidak dibilas dengan baik dan bersih maka juga akan dapat menimbulkan jerawat.

Selain hal-hal di atas, tahukah Anda bahwa jerawat juga dapat muncul karena pengaruh dari kosmetika rambut? Radiasi dari bahan kimiawi yang keras dari hairspray, kondisioner, pewarna rambut ataupun maskara rambut atau hal lainnya memiliki potensi untuk menimbulkan iritasi dan jerawat pada wajah Anda.

Belum lagi kalau Anda malas membersihkan rambut sehingga rambut mengalami gangguan seperti munculnya ketombe, kotoran atau menjadi berminyak. Hal-hal semacam itu tentu saja akan dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah.

Baca juga: Masalah Wajah dan Cara Perawatannya