Panduan Sehat, Panjang Umur, dan Awet Muda

 Panduan Sehat, Panjang Umur, dan Awet Muda

BIBLIOTIKA - Inginkah Anda memiliki umur yang panjang dan juga awet muda? Panjang umur berarti hidup lebih lama karena proses penuaan tubuh berjalan secara lebih lambat. Karenanya, untuk dapat menambah umur, maka salah satu caranya adalah dengan memperlambat proses penuaan pada tubuh. Namun, bisakah proses penuaan tersebut diperlambat?

Banyak survei yang menyatakan bahwa kaum wanita lebih cepat kelihatan tua dibandingkan dengan kaum pria. Karena itulah kemudian kaum wanita pun selalu berupaya untuk mencari dan mendapatkan formula-formula yang dapat membuat mereka tetap awet muda dan tidak lekas tua.

Nah, para wanita di negeri Cina memiliki kebiasaan menyantap makanan dan minuman tertentu untuk menjaga tubuh mereka selalu awet muda. Makanan-makanan yang mereka konsumsi tersebut kemudian membantu mereka untuk selalu memiliki tubuh yang sehat, sekaligus juga awet muda. Kalau Anda tertarik untuk meniru mereka, maka berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang biasa mereka konsumsi untuk tujuan awet muda.

Susu kedelai

Minuman susu kedelai merupakan suatu produk dari kedelai yang penting sekaligus terkenal di negeri Cina. Itu sama terkenalnya dengan susu sapi di Indonesia atau di negeri lainnya. Perbedaannya, kalau susu sapi mengandung lebih banyak vitamin dibandingkan dengan susu kedelai, sekaligus juga lebih banyak mengandung mineral serta kalsium, maka susu kedelai mengandung lebih banyak zat besi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan.

Wanita di negeri Cina yang sadar akan kesehatan biasanya mencampurkan susu kedelai dengan telur atau susu sapi untuk melengkapi zat besi yang hilang. Namun, meskipun begitu, susu kedelai ini sangat dingin sekaligus licin, sehingga tidak dianjurkan bagi Anda yang kebetulan memiliki luka lambung, radang usus ataupun diare kronis.

Susu kedelai dipercaya dapat digunakan sebagai suplemen yang membentuk tubuh wanita menjadi lebih indah dan menawan.

Tahu

Para pakar pengobatan Cina menyatakan bahwa makanan tahu memiliki tiga fungsi yang utama. Pertama, tahu dapat meningkatkan energi pada tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi lebih kuat. Kedua, tahu dapat menghasilkan berbagai macam cairan yang dapat melumaskan sistem kinerja tubuh. Ketiga, tahu juga dipercaya dapat mendinginkan tubuh dan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Pembuatan tahu di negeri Cina diperkirakan telah berusia lebih dari dua ribu tahun. Wanita di Cina pun sangat bangga atas prestasi tersebut dan menganggap penemuan itu sebagai sesuatu yang luar biasa dalam sejarah Cina. Karena itu pula, tahu menjadi salah satu makanan pokok di Cina. Mereka meyakini kalau makanan ini mengandung banyak khasiat untuk menjadikan awet muda karena mengandung banyak kalsium.

Labu pahit

Labu pahit memiliki khasiat tinggi dalam hal membersihkan jantung serta meningkatkan energi. Labu pahit banyak sekali mengandung zat besi dan jenis labu yang ditanam di daerah Jiangsu Cina Timur mengandung 6,6 miligram zat besi dalam setiap 100 kilogramnya. Labu jenis ini merupakan salah satu sumber zat besi yang terkaya.

Labu pahit yang belum masak atau belum matang dan masih berwarna hijau muda memiliki rasa yang amat pahit, tetapi juga mengandung vitamin yang lebih banyak dibanding dengan labu jenis ini yang sudah masak atau matang, yang biasanya berwarna merah dan memiliki rasa yang manis. Dengan memasaknya terlebih dulu, maka rasa pahit dari labu yang masih muda dapat dikurangi.

Cara memasak labu jenis ini adalah dengan memberikan bumbu saus kedelai atau diawetkan dengan menggunakan garam. Bisa pula dikonsumsi dengan daging. Anda bisa menjadikan labu pahit ini sebagai santapan sehari-hari, dan Anda bebas mau memasaknya dengan cara yang sesuai selera Anda. Diyakini, wanita yang sering mengkonsumsi labu pahit ini akan jarang terkena penyakit serta selalu tampak ceria dan sehat.

Kacang litci

Kacang litci ini memiliki rasa yang manis, dan kacang ini juga dapat melumasi tubuh serta sangat baik untuk memperbaiki kondisi limpa dan liver untuk memperbaiki peredaran darah dalam tubuh. Karenanya, kacang litci ini pun sangat berguna bagi kaum wanita karena dipercaya dapat mempercantik warna kulit serta memperlambat proses penuaan yang biasanya berbentuk berkerutnya kulit. Selain itu, kacang litci juga berkhasiat dalam mengatasi anemia atau kurang darah bagi kaum wanita.

Cara mengkonsumsinya, sepuluh buah kacang litci dicampurkan dengan kurma merah, kemudian direbus hingga mendidih. Kemudian makanlah dalam waktu satu hari, dan lakukan hal tersebut seminggu tiga kali. Dengan cara itu, dipercaya orang yang mengkonsumsinya akan selalu nampak awet muda. Wanita yang sering mengkonsumsi kacang litci ini pun akan memiliki kulit yang tampak mulus dan berseri.

Namun ingat, mengkonsumsi kacang ini secara berlebihan akan menyebabkan hipoglisemia dengan gejala-gejala lesu badan dan badan terasa tidak enak.

Baca juga: Perawatan yang Benar untuk Kulit Kering