Cara Alami Mengatasi dan Mengobati Jerawat

Cara Alami Mengatasi dan Mengobati Jerawat

BIBLIOTIKA - Jerawat memang jadi momok bagi setiap orang, terutama kaum wanita. Tapi mulai sekarang, Anda tak perlu khawatir lagi karena ada tips yang bisa Anda lakukan untuk mengusir jerawat dari wajah Anda.

Pertama, jika jerawat Anda bandel, atau sejenis jerawat batu, kecil tapi susah hilang, segera ambil rumput teki, ambil umbinya, kurang lebih segenggaman. Bersihkan umbinya dari akar-akar yang kasar itu, juga buang kulit luarnya, meski tak usah terlalu bersih, kemudian rebus. Setelah itu, jemurlah umbi itu sampai kering betul.

Kemudian tumbuklah umbi teki itu sampai menjadi tepung, dan jadikan bahan dasar untuk membuat bedak. Atau, Anda boleh menjadikannya sebagai masker bersama bedak yang lain.

Kedua, jika jerawat Anda sangat parah, sampai bernanah dan berminyak, segera cari daun asam Jawa muda, ambil dua genggaman, lalu lumatkan sampai menyerupai bubur. Peraskan sedikit jeruk nipis di atas bubur daun asam Jawa muda itu, lalu aduk sampai merata. Kemudian lumurkan ke wajah Anda sebagai masker. Lakukan sebelum tidur, dan pakailah masker itu selama tidur.

Jika kedua cara itu Anda lakukan dengan teratur selama seminggu saja, jerawat Anda pun akan segera hilang dan wajah Anda akan bersih, berseri dan halus mulus lagi.

Mengobati jerawat dengan kunyit

Kunyit dapat mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah mengusir jerawat yang biasa mangkal di wajah. Caranya? Gampang, ikuti saja tips berikut.

Pertama, ambil kunyit putih. Kupas, lalu cuci sampai bersih. Tidak dikupas juga tidak apa-apa, asal yang penting dicuci.

Setelah dicuci, keringkan kunyit sampai tidak ada air yang menempel. Keringkan sampai betul-betul kering, lalu parut sampai halus. Nah, parutan kunyit ini kemudian dibubuhkan ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan hingga 1 atau 2 jam. Sesudah dirasa cukup, lepaskan kunyit, dan cucilah wajah dengan air bersih.

Lakukan cara ini sampai jerawat betul-betul hilang dari wajah. Tapi ingat, cara ini hanya pas dilakukan untuk kulit yang benar-benar cocok dengan kunyit. Karena memang zat yang terkandung dalam kunyit lumayan keras.

Memberantas jerawat dengan benar

Jerawat selalu mendatangkan krisis pede pada penderitanya. Meski berbagai merek obat-obatan sudah dicoba, kadang jerawat tetap saja bandel di wajah. Nah, siapapun yang saat ini sedang pusing memikirkan jerawat di wajahnya, ada baiknya menyimak tips yang berikut ini.

Agar jerawat segera menyingkir dari wajah, jangan malas untuk membersihkan muka sesudah melakukan aktivitas dan sebelum tidur.

Basuhlah muka dengan air hangat setelah dibersihkan.

Jangan memakai kosmetik yang mengandung minyak, karena bisa merangsang munculnya jerawat.

Gunakan obat jerawat sesuai dengan anjuran dokter dan sesuai aturan pakainya. Jangan memakai sembarang obat jerawat, karena kalau tidak cocok bisa fatal akibatnya.

Pakailah kosmetik khusus untuk kulit berjerawat, misalnya sunscreen, karena jerawat sebaiknya tidak terkena sinar matahari.

Rajin-rajinlah memakai masker wajah untuk kulit berjerawat.

Yang paling penting, jaga kebersihan, khususnya kebersihan wajah, karena jerawat tidak suka mampir di tempat bersih.

Baca juga: Panduan Membersihkan dan Menanggulangi Jerawat