Panduan Membersihkan dan Menanggulangi Jerawat

  Panduan Membersihkan dan Menanggulangi Jerawat

BIBLIOTIKA - Bila Anda berjerawat, cobalah untuk selalu membersihkan wajah Anda setiap pagi dan malam hari dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda menggunakan sabun pembersih muka, sebaiknya tetap gunakan toner agar kulit wajah tetap lembab.

Konsumsilah air putih dan vitamin C. Air akan membantu membersihkan kotoran dari dalam tubuh Anda, sementara vitamin C membantu pembentukan sel kulit baru.

Agar jerawat cepat kering, gunakan masker khusus jerawat.

Obat tetes mata memang dikatakan bisa menghilangkan ruam merah pada jerawat, tetapi tidak bisa menghilangkannya. Untuk mencegah kembalinya jerawat itu, Anda juga harus mengindahkan beberapa pantangan. Misalnya, jangan pergi tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dulu. Kulit justru bekerja dengan lebih baik di malam hari saat Anda tidur. Kotoran yang menyumbat pori-pori bisa menghambat regenerasi kulit.

Jangan lupa untuk mengganti sarung bantal Anda secara rutin. Karena kotoran dari rambut biasanya akan melekat pada bantal saat Anda tidur. Bantal yang kotor bisa mengundang bakteri bersarang di dalamnya. Akibatnya jerawat bisa muncul lagi. Selain itu, jangan biarkan ujung-ujung rambut mengenai wajah. Debu yang terdapat di ujung rambut bisa memicu timbulnya jerawat.

Juga jangan gunakan sabun biasa untuk membersihkan wajah. Formulanya bisa membuat wajah menjadi kering dan bahkan bisa menimbulkan iritasi.

Hilangkan kebiasaan memencet jerawat, karena itu malah akan membuat kotoran dari tangan berpindah ke dalam kulit dan menyebabkan iritasi. Kalau itu terjadi, akibatnya butuh waktu lebih lama untuk sembuh, dan biasanya juga meninggalkan bekas yang sukar hilang.

Tips mengatasi jerawat dengan mudah

Kulit yang berminyak bisanya mudah dihinggapi jerawat. Untuk mengatasinya, coba saja tips praktis berikut ini.

Bersihkanlah wajah dengan air hangat, ambil ragi tapai yang sudah tua, beri air hingga mengental seperti cleansing. Gunakan adonan tersebut untuk masker wajah. Biarkan sekitar 10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dan bilaslah dengan air es atau air biasa (air adem). Pakailah resep ini selama 3 hingga 10 hari berturut-turut sampai sembuh.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan ketimun. Caranya, kupaslah ketimun, lalu kulit ketimun tersebut digiling sampai halus. Nah, oleskan kulit ketimun yang telah halus tersebut pada bagian muka yang ditumbuhi jerawat. Lakukan secara teratur, dan wajah pun tidak akan ditumbuhi jerawat lagi.

Baca juga: Berbagai Penyebab Timbulnya Jerawat