Masalah Wajah dan Cara Perawatannya

 Masalah Wajah dan Cara Perawatannya

BIBLIOTIKA - Secara umum, kalau boleh dikatakan begitu, maka pesona kecantikan wanita seringkali terdapat pada wajah, meskipun tubuh dan kepribadian juga dapat mencerminkan kecantikan seorang wanita. Namun, sekali lagi secara umum, seringkali yang pertama diperhatikan dan seringkali yang menjadi pusat perhatian dari kecantikan seorang wanita adalah wajahnya.

Karena menyadari bahwa wajah adalah bagian pertama yang seringkali diperhatikan oleh orang lain (khususnya oleh lawan jenisnya), maka kaum wanita pun selalu berupaya untuk dapat menampilkan wajah yang seindah dan secantik mungkin, dengan berbagai cara dan upaya. Khususnya lagi bagi para wanita yang memang dituntut untuk selalu tampil cantik karena bekerja dengan bertemu banyak orang.

Bagi sebagian besar wanita (kalau tak mau dibilang semuanya) menjaga kebersihan dan kecantikan wajah adalah sesuatu yang amat penting dan utama. Mereka mencoba menggunakan aneka produk kosmetik dari berbagai merek yang mereka lihat di iklan-iklan, mencoba satu persatu dari produk-produk itu demi untuk meraih impian mendapatkan kecantikan yang sempurna.

Nah, pernahkah Anda membayangkan ada satu cara yang mudah namun efektif dalam menciptakan kecantikan yang unggul bagi wajah Anda? Pernahkah Anda menyadari bahwa hanya dengan cara yang simpel dan dengan media yang sama simpelnya Anda dapat meraih kecantikan yang begitu diidamkan itu?

Ada satu cara yang amat mudah dalam mempercantik wajah dan membersihkan wajah secara baik, yaitu dengan menggunakan media air. Air yang dibasuhkan secara rutin pada bagian wajah (semisal pada waktu berwudhu) akan membuat sel-sel kulit yang mati menjadi terangkat dari wajah.

Mungkin selama ini Anda biasa membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih, scrub, peeling, facial atau juga dengan treatment. Namun, kalau Anda rajin membasuh wajah dengan air, maka wajah pun akan menjadi cerah dan bersinar, tidak kalah kalau dibandingkan dengan penggunaan media-media lain itu. Meskipun seseorang mungkin memiliki cukup banyak jerawat di wajahnya, penggunaan air untuk wajah akan tetap menjadikannya nampak bersinar dan cerah dibanding kalau hanya menggunakan media kosmetika biasa.

Menjaga kebersihan adalah bagian dasar dari perawatan wajah. Karenanya, wajah yang bersih pasti akan terhindar dari problem-problem kecantikan yang biasa terjadi pada wajah yang tidak atau kurang bersih. Sebagaimana yang Anda ketahui, sesuatu yang seringkali terjadi pada wajah yang kurang bersih adalah munculnya jerawat, kulit yang keriput, kering atau pula bersisik.

Untuk problem jerawat, misalnya, biasanya hal itu disebakan oleh karena kulit wajah yang kotor, selain pula bisa dikarenakan oleh faktor keturunan. Kebanyakan, kulit yang berminyak lebih cenderung berjerawat karena kelenjar minyaknya lebih aktif daripada kulit yang kering atau normal. Tekstur kulit atau pori-pori dari kulit yang berminyak biasanya membesar, yang membuat debu mudah masuk. Nah, karena kurang menjaga kebersihan wajah, maka debu-debu itu pun menumpuk sehingga menjadi jerawat.

Selain itu, faktor makanan juga bisa menjadi pencetus timbulnya jerawat, terutama jenis-jenis makanan yang mengandung lemak nabati ataupun lemak hewani. Lemak dari hewan bisa berasal dari daging ayam, daging sapi ataupun dari hewan lainnya. Sedangkan untuk lemak nabati dapat berasal dari kacang-kacangan, ataupun jenis-jenis makanan yang mengandung banyak lemak.

Timbulnya jerawat juga bisa pula diakibatkan faktor hormonal. Para remaja yang memasuki usia puber biasanya mendapatkan masalah dengan jerawat ini, dan biasanya jerawat itu timbul karena perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh mereka.

Sebenarnya, untuk mengobati jerawat tidaklah sulit. Yang pertama harus dilakukan adalah dengan mencari terlebih dulu timbulnya jerawat tersebut. Apabila penyebab jerawat adalah faktor dari luar (semisal karena debu), maka hal yang penting dilakukan adalah rajin-rajin mambasuh atau membersihkan wajah. Di sinilah makna pentingnya air dalam menjaga kecantikan wajah.

Lalu bagaimana kalau timbulnya jerawat diakibatkan dari dalam (semisal karena faktor makanan yang dikonsumsi)?

Apabila penyebabnya adalah dari dalam, maka upaya untuk mengatasi masalah jerawat adalah dengan tidak lagi mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut sampai jerawatnya sembuh. Seringkali, orang menyadari masalah jerawatnya itu diakibatkan oleh jenis makanan yang dikonsumsinya. Namun, mereka mengobati jerawatnya sambil terus mengkonsumsi jenis makanan tersebut. Akibatnya, obat yang digunakan pun tidak dapat efektif karena faktor penyebabnya terus saja terjadi.

Nah, kalau penyebab jerawat adalah karena faktor hormonal, maka penanggulangannya bisa menggunakan akupunktur.

Selain jerawat, masalah lain yang juga seringkali menghinggapi wajah adalah masalah kulit yang berkeriput. Secara alamiah, seorang wanita memang akan menjalani fase perubahan wajah sesuai dengan menanjaknya usia yang semakin tua. Hal itu terjadi karena kulit menjadi kering dan kurangnya kadar air pada wajah. Daya tahan kulit berkurang dan kadar air yang juga berkurang ini adalah karena pengaruh panas matahari.

Selain itu, stres juga dapat menjadi faktor dari munculnya keriput-keriput pada wajah tersebut. Bahkan bisa dikatakan kalau stres mempercepat kulit wajah menjadi berkeriput.

Baca juga: Panduan agar Kulit Wajah Selalu Bercahaya