Cara agar Tetap Bisa Makan Enak Saat Diet

Cara agar Tetap Bisa Makan Enak Saat Diet

BIBLIOTIKA - Diundang makan di luar saat diet? Jangan buru-buru khawatir, Anda tetap bisa makan di restoran tanpa merasa bersalah karena melanggar aturan diet. Di bawah ini adalah beberapa kiat yang bisa menyelamatkan Anda saat harus makan enak di restoran sekaligus menjaga pola makan.

Jangan menahan lapar seharian karena akan makan besar pada malam harinya. Tetaplah sarapan dan makan siang dengan menu ringan. Jika ingin menikmati kudapan, pilihlah buah di sela waktu makan. Jika Anda memilih lapar sepanjang hari, acara makan malam Anda tak akan senikmat yang Anda duga. Anda akan kekenyangan dalam waktu singkat karena makan sangat lahap dan cepat setelah seharian kelaparan. Jadi, apa nikmatnya?

Jika Anda sedang menurunkan berat badan, Anda bisa mengurangi kalori dengan memesan dua macam hidangan (course) saja atau pilihlah dua hidangan pembuka yang ringan, daripada memesan hidangan pembuka dan menu utamanya sekaligus.

Perhatikan bagaimana cara memasaknya. Makanan yang digoreng, dibakar, disate, lebih tinggi kandungan lemaknya daripada yang direbus dan dipanggang tanpa lemak.

Saos dan segala macam olesan di atas hidangan yang umumnya dikenal dengan istilah dressing kaya lemak. Jika ingin mengurangi makanan berlemak, mintalah pelayan memisahkan saos dan dressing-nya, jangan dituang di atas hidangan.

Makanan yang sederhana dan tak banyak rasa umumnya lebih sehat. Restoran sering kali memusingkan kita dengan daftar menu yang aneh dan bisa menipu. Jika tidak tahu apa bahannya, tanyakan saja pada pelayan sebelum memesan. Sebagai bagian dari pelayanan, mereka selayaknya tahu apa saja bahan dan bagaimana cara memasaknya.

Sejumlah restoran menyediakan makanan sangat berlimpah. Hati-hati, jangan karena semuanya terhidang di piring Anda, tak berarti semuanya harus Anda santap.

Otak memerlukan waktu 20 menit sebelum memerintahkan rasa kenyang pada perut. Jadi sisakan sedikit waktu sebelum Anda memesan makanan penutup. Sayang jika perut Anda tak ada lagi ruang untuk hidangan penutup yang enak itu.

Makanan penutup tak berarti melipatgandakan es krim kesukaan Anda. Pilihlah sorbet atau setup buah, yoghurt atau salad buah segar sebagai penutup yang tak terlalu manis. Jangan salahkan es krim karena menghilangkan kelezatan makanan yang baru saja Anda santap.

Baca juga: Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan