Perawatan yang Benar untuk Kulit Sensitif

  Perawatan yang Benar untuk Kulit Kulit Sensitif

BIBLIOTIKA - Untuk jenis kulit ini dapat ditandai dengan ciri-ciri pembuluh darah pada wajahnya yang tampak samar-samar. Dengan sedikit sentuhan, kulit jenis ini akan sekali memerah, terutama setelah terbakar sinar matahari. Apabila dibubuhkan kosmetik, maka kulit yang sensitif ini akan terasa panas dan perih.

Berikut ini adalah cara perawatan untuk kulit yang sensitif:

Kulit yang sensitif tidak dapat menerima terlalu banyak perawatan. Karena itu, sebaiknya bersihkan wajah secukupnya saja, misalnya tidak lebih dari dua kali sehari.

Hindarilah berada di ruangan yang ber-AC terlalu lama, atau di bawah sengatan matahari.

Hati-hatilah dalam memilih produk kosmetika. Lebih baik jika menggunakan satu jenis merek saja untuk setiap jenis perawatan, semisal untuk susu pembersih, toner, bedak, pelembab dan lain-lain.

Usahakan kulit agar senantiasa rileks, dengan cara membasuh muka dengan menggunakan air bersih, lalu biarkanlah sampai mengering sendiri tanpa harus dilap dengan kain atau handuk.

Udara pagi sangat baik untuk kesehatan kulit jenis ini, karenanya biasakanlah untuk menghirup udara pagi dan minumlah air yang segar setelah selesai berolahraga.

Untuk memberikan nutrisi yang tepat untuk kulit yang sensitif, perhatikan hal-hal berikut ini:

Kulit yang sensitif membutuhkan kecermatan dalam memilih makanan. Setidaknya, sayuran dan buah-buahan segar akan memberikan manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan kemungkinan efek sampingnya bagi kulit.

Pilihlah buah-buahan yang memiliki serat yang tinggi seperti jeruk, apel, anggur atau kombinasikan dengan madu. Madu mampu mengatur cairan di dalam kulit secara otomatis.

Apabila Anda tidak alergi terhadap susu, perbanyaklah mengkonsumsi susu dan juga vitamin C. Kedua jenis nutrisi tersebut akan memperkuat jaringan kulit sehingga akan memperkecil risiko kerusakan dan penuaan dini.

Siapapun tentu ingin memiliki kulit yang sehat, segar, halus, mulus serta bercahaya, khususnya kulit wajah. Itu dengan sangat jelas terbukti pada larisnya produk-produk kosmetik yang menjanjikan hal tersebut, dimana banyak kaum wanita yang kemudian menggunakannya untuk tujuan itu.

Namun, untuk mendapatkan kulit yang indah, segar, bercahaya sekaligus cantik tidak cukup dengan mengkonsumsi produk-produk itu saja, namun lebih khusus dan lebih penting lagi adalah dengan terlebih dulu mengetahui jenis dan karakter kulit yang dimiliki. Karena, apabila kosmetika atau produk kecantikan yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit, maka hasil akhirnya justru negatif.

Pemahaman atas karakter dan jenis kulit wajah Anda adalah hal yang utama sebelum memulai perawatan kulit wajah secara aman dan sehat. Setiap jenis kulit yang berbeda juga membutuhkan perawatan dan produk kosmetik yang berbeda pula. Karenanya, mulailah untuk mengenali dan memahami jenis serta karakter kulit wajah Anda terlebih dulu, baru setelah itu Anda dapat memberikan perawatan sekaligus nutrisi yang tepat.

Baca juga: Perawatan yang Benar untuk Kulit Kombinasi