Perawatan yang Benar untuk Kulit Kombinasi

Perawatan yang Benar untuk Kulit Kombinasi

BIBLIOTIKA - Ciri-ciri kulit kombinasi adalah wajah yang berminyak pada daerah dahi, hidung, dan juga dagu, serta kering pada daerah pipi. Karena hal tersebut, riasan menjadi tampak tidak rata, khususnya pada bagian hidung menjadi tampak lebih berkilat. Perawatan untuk jenis kulit kombinasi ini memang harus lebih teliti, karena dibutuhkan sentuhan yang berbeda untuk daerah yang berbeda pula.

Berikut ini adalah cara perawatan untuk kulit kombinasi:

Kombinasi yang terjadi pada wajah ini menjadikan perawatannya pun setidaknya membutuhkan dua jenis produk yang berbeda, misalnya astringen untuk daerah berminyak, dan toner untuk daerah yang kering. Namun tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah tersedia produk yang khusus ditujukan untuk kulit jenis kombinasi.

Apabila menggunakan pelembab, pilihlah jenis pelembab yang khusus ditujukan untuk kulit kombinasi. Namun apabila meragukan produk tersebut, lebih baik kelembaban kulit diusahakan dari dalam.

Gunakanlah masker yang bersifat netral seperti masker wortel, tomat, atau lumpur. Setelah penggunaan masker, bilaslah dengan menggunakan air hangat dan pijatlah secara ringan di bagian yang berminyak. Setelah itu bilaslah sekali lagi.

Usahakanlah agar kulit wajah dalam keadaan rileks sesering mungkin, sebab kulit jenis ini juga rawan dengan munculnya jerawat sekalgus dehidrasi atau kekurangan cairan. Rileksasi untuk kulit ini dapat dilakukan dengan cara membasuh muka dengan menggunakan air rendaman bunga melati selama satu malam. Kemudian, basuhlah pada waktu pagi hari sambil dipijat-pijat secara ringan.

Untuk memberikan nutrisi yang tepat untuk kulit kombinasi, perhatikan hal-hal berikut ini:

Pada dasarnya, segala jenis buah dan sayuran memiliki efek yang positif untuk kulit yang berjenis kombinasi ini, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Lebih baik lagi jika dibiasakan minum jus buah-buahan pada waktu pagi hari atau pada sore hari sebagai selingan.

Kurangilah mengkonsumsi makanan-makanan yang pedas, amis atau berlemak, terutama apabila Anda termasuk alergi dengan beberapa jenis makanan. Selain memiliki reaksi terhadap kesehatan tubuh, alergi ini akan menghambat keseimbangan otomatis untuk mengatur kadar cairan dan minyak pada kulit wajah.

Baca juga: Perawatan yang Benar untuk Kulit Berminyak