Perawatan yang Benar untuk Kulit Kering

Perawatan yang Benar untuk Kulit Kering

BIBLIOTIKA - Kulit yang kering dapat ditandai dengan cirinya yang tampak terlalu kencang, terlihat kerutan halus apabila tengah tertawa atau berbicara, dan juga kelihatan kurang bercahaya. Keringnya kulit ini disebabkan oleh sedikitnya cairan yang terdapat pada lapisan kulit dan pecahnya lapisan pelindung minyak pada lapisan kulit di bawahnya. Karena itu, orang yang berkulit jenis kering ini biasanya merasakan ketidaknyamanan akibat kulit yang terlalu kencang dan kaku.

Namun, kelebihan dari jenis kulit yang kering adalah akan awet apabila menerima riasan wajah. Selain itu, kulit yang kering biasanya jauh dari serangan jerawat. Namun, perawatan yang tidak baik dan tidak teratur akan membuat kulit kering akan cepat nampak tua.

Berikut ini adalah cara perawatan untuk kulit yang kering:

Gunakanlah pembersih yang berbentuk lotion khusus untuk kulit yang kering, karena sabun atau gel akan membuat kekeringan kulit menjadi bertambah.

Gunakanlah pelembab dan krim malam untuk menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit.

Untuk penyegar, pilihlah penyegar yang berbentuk toner, karena penyegar yang berbentuk astringen yang mengandung alkohol akan semakin membuat kulit jadi tambah kering.

Sering-seringlah membasuh muka dengan menggunakan air hangat, terutama sebelum melakukan make up. Air hangat akan memberikan rasa nyaman pada kulit yang kering, namun terlalu lama berada di ruangan yang ber-AC akan semakin mengurangi kadar cairan pada kulit yang kering.

Sesekali lakukanlah senam muka dengan mengucapkan huruf-huruf vokal seperti A, I, U, E, O sejelas mungkin selama beberapa kali. Kalau bisa, lakukanlah hal itu setiap kali bangun tidur.

Untuk memberikan nutrisi yang tepat untuk kulit yang kering, perhatikan hal-hal berikut ini:

Konsumsilah buah-buahan atau makanan yang memiliki cukup lemak dalam ukuran yang tepat, semisal apokat, durian, kacang tanah, susu, madu, ataupun mentega.

Konsumsi pula sayuran seperti selada, sawi, brokoli ataupun seledri, karena sayuran jenis tersebut akan menyuplai kulit dengan cairan yang segar sepanjang hari.

Minumlah air putih setiap kali merasa kering atau ketika kulit terasa kering. Tidak perlu terpaku pada aturan dua liter perhari. Karena bagi pemilik kulit kering, semakin banyak minum air akan semakin baik.

Baca juga: Perawatan yang Benar untuk Kulit Sensitif