Perawatan yang Benar untuk Kulit Berminyak

  Perawatan yang Benar untuk Kulit Berminyak

BIBLIOTIKA - Kulit yang berminyak biasanya memiliki citri-ciri yang berkilat atau nampak berkilat dan juga kusam. Pori-porinya terlihat membesar, terutama pada bagian pipi dan juga hidung. Riasan pada kulit yang berminyak juga biasanya mudah luntur karena kelenjar minyak di bawah kulit aktif memproduksi minyak dalam jumlah yang besar atau berlebih.

Wanita yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia pada umumnya memiliki jenis kulit yang berminyak seperti ini. Namun, kalau Anda memang kebetulan juga memiliki jenis kulit yang berminyak tersebut, Anda tidak perlu berkecil hati, karena kelebihan kulit berminyak dibandingkan dengan jenis kulit yang lain adalah kulit ini tidak cepat mengalami kerutan sebagaimana jenis kulit yang lain. Dengan perawatan yang baik dan benar, kulit yang berminyak akan dapat tampil cantik sekaligus awet muda.

Berikut ini adalah cara perawatan untuk kulit berminyak:

Gunakanlah pembersih wajah yang lembut, dua kali sehari. Bersihkanlah wajah secara hati-hati, karena penggosokan yang terlalu keras akan memicu timbulnya atau keluarnya minyak yang banyak.

Setelah menggunakan pembersih, gunakan astringen dengan ekstrak jeruk nipis atau mentimun. Keduanya efektif untuk mengecilkan pori-pori.

Untuk pelembab, gunakan pelembab yang tidak mengandung minyak atau jenis yang ringan dan tidak menyumbat lubang pori-pori.

Seminggu sekali, lakukanlah pengelupasan kulit mati (peeling) selama kulit wajah tidak sedang berjerawat. Peeling ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang biasanya akan membuat kulit berminyak akan semakin kusam dan tak bersinar.

Untuk memberikan nutrisi yang tepat untuk kulit berminyak, perhatikan hal-hal berikut ini:

Setiap hari, usahakan untuk mengkonsumsi setidaknya satu jenis buah-buahan yang mengandung banyak air semisal jeruk, jambu air, semangka ataupun bengkoang. Buah-buahan jenis ini akan mengimbangi kadar minyak yang berlebih dengan kandungan cairannya, sehingga kulit akan tetap nampak segar.

Sayuran segar seperti wortel, tomat, mentimun juga dapat dimanfaatkan. Sayuran tersebut paling baik kalau dikonsumsi sebelum dimasak, seperti menyantap lalapan. Atau bisa pula dijadikan jus untuk dipakai sebagai masker wajah.

Hindarilah makanan-makanan yang berlemak seperti kacang, susu, cokelat, ataupun gula-gula. Apabila Anda tetap masih ingin dapat mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut, imbangilah juga dengan mengkonsumsi sayuran dan buah segar serta perawatan yang rutin.