5 Tips untuk Cantik dan Awet Muda

 5 Tips untuk Cantik dan Awet Muda

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah lima tips yang akan membantu Anda untuk selalu memiliki kecantikan nan awet dan kesegaran tubuh yang berlangsung sampai usia tua.

Tips memanfaatkan air untuk kecantikan

Air adalah zat yang paling banyak terkandung di dalam tubuh manusia. Tidak bisa dimungkiri kalau air juga punya peran penting dalam masalah kecantikan. Kulit wajah, tubuh, dan juga rambut akan jadi tidak cantik lagi kalau kita kurang mengkonsumsi air. Tidak heran jika banyak perusahaan kosmetik yang membuat produk kecantikan yang berbahan dasar air atau yang biasa disebut sebagai water-based product.

Untuk kulit kering, water-based product akan menjaga dan melembabkan sel-sel kulit agar tidak mengalami dehidrasi. Sedang untuk kulit berminyak, produk ini lebih aman dipakai daripada produk kosmetik yang mengandung alkohol. Kulit berminyak memang tidak cocok memakai kosmetik yang mengandung alkohol karena akan meningkatkan produk minyak di wajah. Nah, kosmetik berbahan dasar air ternyata pas sekali jika dipakai untuk kulit berminyak. Jadi, tidak ada salahnya jika memilih kosmetik yang berbahan air, bukan?

Tips agar wajah senantiasa segar

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai wajah yang terlihat selalu segar? Untuk mendapatkan wajah yang segar sebenarnya gampang. Anda tinggal membersihkan muka dan selalu menjaga kelembaban kulit. Di bawah ini adalah tips untuk membuat wajah agar selalu segar:

Pagi hari, setelah bangun dari tidur, cucilah wajah dengan air teh yang dingin. Air teh berguna untuk mengurangi kadar minyak di wajah.

Gunakan pembersih dan penyegar yang sesuai dengan tipe kulit wajah Anda, sebelum memakai make up dan sebelum tidur.

Pakailah sabun khusus untuk wajah setiap kali cuci muka, minimal tiga kali sehari.

Kalau cara-cara di atas dipraktekkan secara teratur, dijamin wajah akan selalu terlihat segar.

Tips agar wajah selalu sehat berseri

Wajah yang pucat tentu tidak menarik, apalagi jika sampai terlihat otot yang kebiru-biruan. Supaya wajah kelihatan sehat berseri-seri, cobalah gunakan resep ini.

Ambillah daun bayam secukupnya. Lalu remas-remaslah dan kemudian tuangkan air yang masak. Peraslah, lalu ambil airnya. Minumlah air itu sesudah mandi pagi.

Selain menggunakan daun bayam, Anda juga bisa menggunakan daun sirih untuk tujuan yang sama. Caranya, ambillah 30 lembar daun sirih, lalu rebuslah dengan air bersih, kemudian air rebusan itu diminum dua kali, pagi dan sore hari menjelang tidur. Sisanya digunakan untuk dioleskan pada wajah Anda.

Kalau Anda melakukan salah satu di antara dua cara itu secara rutin, Anda pun akan segera memiliki wajah yang sehat dan berseri-seri. Untuk menunjangnya, sering-seringlah memakan sayur dan buah-buahan segar. Banyaklah berolah raga ringan dan tidur yang cukup serta menghirup udara pagi yang segar di pagi hari.

Tips membuat masker dari buah-buahan

Siapkan 2 sampai 3 buah wortel muda, dan 2 jagung muda.

Cara membuatnya, jagung muda diparut dan diperas, biarkan sesaat hingga pati dan airnya terpisah. Wortel diparut dan dicampurkan dengan pati jagung muda. Nah, masker ini dipakai setiap pagi sebelum mandi atau sore setelah beraktivitas. Lebih baik jika masker ini hanya sekali pakai. Sebab pada pemakaian berikutnya biasanya kandungan bahan-bahannya akan mengalami perubahan.

Tips membuat krim untuk awet muda

Siapkan 2 buah wortel muda dan beras secukupnya.

Cara membuatnya, wortel muda diparut dan kemudian diperas, sedangkan beras ditumbuk hingga halus. Sari wortel ini dicampurkan dengan beras yang telah ditumbuk halus hingga menjadi krim. Nah, krim ini dapat digunakan kapan saja, khususnya siang hari pada saat kulit mengalami kelelahan. Setelah krim mengering, kulit dibersihkan dengan air dan digosok-gosok dengan es batu hingga terasa segar.

Jika Anda tidur siang setelahnya, maka kulit Anda pun berkesempatan untuk istirahat sejenak agar lebih lentur dan segar.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Relaksasi untuk Kecantikan