Rahasia Memiliki Tubuh Indah Sepanjang Masa

  Rahasia Memiliki Tubuh Indah Sepanjang Masa

BIBLIOTIKA - Satu di antara beberapa hal yang seringkali membuat wanita menjadi minder dan rendah diri adalah kegemukan. Tentu saja tidak selamanya tubuh yang gemuk menjadikan seseorang (dalam hal ini wanita) menjadi jelek atau menjadi lebih kurang cantik, namun seringkali wanita berpikir dan menganggap bahwa tubuh yang langsing itu lebih indah (sekaligus lebih sehat) dibanding tubuh yang gemuk atau terlalu gemuk.

Begitu klasiknya masalah yang satu ini, sampai-sampai kegemukan bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang ditakuti oleh kebanyakan wanita.

Selain kegemukan, problem lain yang juga selalu menjadi momok bagi kalangan wanita adalah problem kulit dalam bentuk munculnya kerutan-kerutan. Tentu saja munculnya kerutan-kerutan pada kulit tubuh ini memang terjadi secara alamiah seiring dengan menanjaknya usia yang makin tua. Namun ada kalanya kerutan-kerutan ini muncul secara lebih cepat, dan hal inilah yang kemudian disebut sebagai kerutan dini.

Menghindari kegemukan dan kerutan dini

Kegemukan yang terjadi pada manusia, baik laki-laki maupun wanita, bisa diakibatkan oleh karena keturunan (memiliki orangtua yang sama-sama gemuk) atau juga karena akibat kelebihan kalori yang ada di dalam tubuh. Namun, meskipun begitu, faktor keturunan tidaklah menjadi faktor yang lebih besar dibanding dengan banyaknya atau berlebihnya kalori di dalam tubuh.

Nah, kelebihan kalori biasanya terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori, atau bisa pula kalori itu tidak dikeluarkan atau dipergunakan secara baik, semisal untuk melakukan aktivitas tertentu yang membakar jumlah kalori. Ketika hal itu terjadi, maka pembakaran kalori di dalam tubuh pun akan menjadi sedikit atau minim sekali, dan hal inilah yang menjadikan lemak berkumpul di dalam tubuh.

Idealnya, makanan yang dikonsumsi oleh seorang wanita dewasa setiap harinya adalah sebanyak 1200 gram. Makanan sebanyak itu di dalamnya adalah termasuk nasi, buah-buahan, lauk-pauk dan sayuran. Apabila makanan yang dikonsumsi lebih dari 1200 gram, maka potensi untuk menjadi gemuk pun akan menjadi sangat besar.

Lalu bagaimana dengan yang sudah terlanjur menjadi gemuk? Tentu saja Anda yang sudah terlanjur gemuk tidak perlu menyiksa diri dengan tidak makan sama sekali atau seringkali menahan lapar demi tujuan menjadi langsing atau mengurangi kegemukan. Yang perlu dilakukan cukuplah membiasakan diri dengan cara dan pola makan yang lebih sehat, serta dengan porsi jumlah makanan yang dikurangi namun tetap memiliki keseimbangan seperti yang diungkapkan di atas.

Yang perlu diingat pula, hindari untuk mengkonsumsi buah apokat atau durian atau buah-buahan lain yang memiliki kandungan kalori tinggi. Selain itu, kalau Anda terbiasa mengkonsumsi susu sebelumnya, maka sekarang Anda dapat menggantikan susu yang biasa Anda konsumsi itu dengan susu kedelai tanpa gula. Ini lebih bagus karena tidak mengandung lemak.

Nah, untuk mencegah kegemukan tidak cukup hanya dengan menjaga pola makan saja, namun juga rajin berolahraga.

Pada waktu makan pagi atau sarapan, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berat seperti nasi, roti atau juga mie. Sarapan berat semacam itu dapat digantikan dengan buah-buahan serta sayur-mayur. Itu lebih baik karena banyak mengandung serat. Selain itu, banyak minum air putih juga baik untuk menjaga tubuh agar selalu langsing.

Bagaimana dengan jus? Kalau Anda suka mengkonsumsi jus buah, Anda tetap dapat mengkonsumsinya, asal tidak menggunakan tambahan gula.

Untuk makan siang, Anda diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan berat seperti nasi atau sejenisnya, namun apabila siang sudah di atas jam dua belas. Sedangkan untuk makan malam, maka sebaiknya dilakukan sebelum pukul tujuh malam.

Mengapa? Karena pencernaan yang bekerja secara larut malam (karena makan malam yang terlalu larut) akan mengakibatkan proses pencernaannya menjadi tidak lancar yang juga berakibat pada sistem pembuangan tubuh yang sama tidak lancarnya. Ini akan menjadi salah satu faktor pencetus kegemukan.

Kemudian, langkah yang dapat dilakukan untuk membentuk tubuh yang langsing adalah dengan rutin melakukan olahraga sebagaimana yang telah disinggung di atas. Selain akan membuat tubuh menjadi segar, olahraga yang rutin dilakukan akan menjadikan tubuh lebih bertenaga serta membuat kulit tubuh tidak lembek.

Untuk pembentukan tubuh, fitnes adalah salah satu olahraga yang tepat. Namun untuk orang yang gemuk, sebaiknya memilih olahraga jenis aerobic.  Pola senam jenis aerobic memiliki gerakan-gerakan yang cepat, sehingga lemak yang berada di dalam tubuh pun akan sering dibakar. Nah, setelah badan sudah agak berkurang kegemukannya dan beratnya sudah dianggap pas, maka fitnes bisa mulai dilakukan untuk tujuan membentuk tubuh yang indah dan langsing.

Baca juga: Tips untuk Kulit yang Indah dan Cantik